OPEC Nilai Aksi Spekulan Eropa Pengaruhi Harga Minyak Dunia

By Admin

nusakini.com-Organisasi eksportir minyak dunia (OPEC) mengatakan spekulan telah mendongkrak harga minyak, meski demikian secara fundamental suplai minyak masih berlebihan di pasar. Aksi spekulan yang bertaruh bahwa harga minyak mentah Eropa, Brent, bakal terus naik telah mendorong harga minyak selama sebulan ini.  

Dilansir Reuters, Senin (16/5), harga minyak sudah naik sekitar delapan persen ke level lebih dari US$40 per barel pada April lalu. Harga minyak dunia di pasar internasional diperdagangkan di US$46,24 per barel, pada pekan lalu.

OPEC memprediksi permintaan minyak mentah dunia tidak akan berubah di 120 juta barel per hari. OPEC akan melakukan pertemuan pada 2 Juni 2016 nanti untuk membicara kondisi pasar minyak dunia saat ini.  

Sejauh ini, OPEC telah memutuskan untuk tetap memproduksi minyak dengan kapasitas maksimum demi mempertahankan pangsa pasarnya melawan kompetitor produsen minyak non-OPEC.

Perusahaan minyak Arab Saudi, Saudi Aramco, sudah mengindikasi bahwa produksi minyaknya akan lebih tinggi sedikit tahun ini. (v/ab)