Pameran Pangan Nusa, Sekjen: Bangga Produk Dalam Negeri

By Admin

nusakini.com-- Kementerian Perdagangan kembali menggelar Pameran Pangan Nusa dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPN PPDN) di Jambi pada 4-7 Agustus 2016. Pameran ini dihelat untuk meningkatkan akses pasar dan daya saing sekaligus cinta dan bangga produk dalam negeri. 

Penegasan ini diungkapkan Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Srie Agustina di Jambi.  “Pameran PPN PPDN ditujukan untuk memotivasi generasi muda agar dapat meningkatkan kecintaan dan kebanggaan terhadap produk dalam negeri melalui visualisasi, serta peragaan  produk-produk unggulan nasional yang berkualitas,” tegas Srie Lapangan Kantor Walikota Jambi, kemarin.

Dalam pameran, Kemendag memfasilitasi 125 pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Mereka  berasal dari 12 provinsi di Indonesia, yaitu Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Maluku, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Papua Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Jawa Barat, dan Banten. Ada pula yang berasal dari kabupaten/kota di wilayah Jambi dan daerah lainnya. 

Sejak tahun 2006 hingga 2015, PPN PPDN telah memberikan peluang kepada sekitar 3 ribu pelaku  usaha untuk menghadirkan ragam pangan dalam kemasan, kuliner nusantara, serta produk dalam negeri potensial. “Kami mendorong kemitraan antara pelaku UKM dengan pengusaha besar sehingga jaringan pemasaran produk lokal tidak hanya terbatas di regional saja, melainkan juga meluas secara nasional,” ujar Srie. 

Selama 2006-2015 itu juga telah diraih pencapaian total transaksi sebesar Rp 19,5 miliar. Rata-rata jumlah pengunjung antara 70 ribu sampai 290 ribu orang dalam empat hari pelaksanaan pameran tiap tahunnya. 

Potensi daerah, tutur Srie, harus terus dikembangkan. Produk-produk lokal harus ditumbuhkan.  “Potensi sumber daya alam di daerah yang belum diolah maksimal diharapkan juga bisa lebih dikembangkan sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah. Dengan demikian, wirausaha baru yang kompeten juga bisa bertumbuh dan tercipta lapangan pekerjaan,” lanjut Srie. 

Fasilitasi yang disediakan bagi para peserta PPN PPDN kali ini yaitu 111 gerai untuk  mempromosikan produk terbaiknya, yang terdiri dari 56 stan PPN dan 55 stan PPDN. Ada pula 14  stan lainnya yang digunakan untuk promosi produk kuliner khas Jambi. 

Di samping itu, kerja sama juga dilakukan dengan pihak perbankan untuk mempermudah akses  pembiayaan bagi pelaku usaha dalam bentuk penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mikro. Dalam  pameran ini, dihadirkan PT. BRI sebagai salah satu bank penyalur KUR untuk lebih mendekatkan dengan pelaku usaha.(p/ab)