Pangdam Hasanuddin Membangkitkan Ekonomi Rakyat di Masa Pandemi

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Kodam XIV/Hasanuddin bekerja sama dengan Bank BNI 46 (Persero) Tbk menyalurkan bantuan modal Unit Usaha kecil (Mikro) kepada pedagang asongan di wilayah Kodam XIV/Hasanuddin, digelar di Baruga Setia Hingga Akhir Makodam Jl. Urip Sumoharjo Makassar Kamis, (13/8).

Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E dalam sambutannya mengatakan, bahwa pandemi Covid-19 berimbas pada seluruh ataupun segala aspek kehidupan, salah satunya penurunan laju perekonomian yang tentunya sangat dirasakan oleh masyarakat.

"Situasi ini tidak hanya terjadi di Provinsi Sulawesi Selatan tetapi di seluruh wilayah Indonesia, bahkan sekitar 215 negara di dunia mengalami kondisi yang sama", ungkapnya.

"Oleh karena itu, Kodam XIV/Hasanuddin bekerja sama dengan Bank BNI 46 (Persero) Tbk untuk menerapkan pembimbingan dan pendampingan ekonomi kerakyatan dengan memberikan bantuan modal usaha kepada 1.000 pedagang asongan di wilayah Sulsel, 1.000 di wilayah Sulbar dan 1.000 di wilayah Sultra", sambungnya.

"Modal Usaha ini akan disalurkan oleh BNI, dan dilakukan pendampingan oleh para Danramil dan Babinsa, ini sebagai tahap awal dilakukan seperti ini, jika mereka tertib dan bisa berkembang kita akan lakukan secara bergulir.

Tidak menuntut kemungkinan sekarang 1.000, suatu saat nanti bisa bertambah, yang penting mereka tertib dan berjalan seperti apa yang kita harapkan", tandas Mayjen Andi.

Mayjen Andi mengatakan bahwa pendampingan tersebut dilakukan agar mereka bisa menambah modal dan aktivitas kegiatan mereka tetap berjalan di tengah dampak pandemi Covid-19 dan selanjutnya berharap untuk meningkatkan semangat kerja keras dan dapat mengelola bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya.

"Saya berharap dan berpesan agar lebih meningkatkan semangat bekerja keras dan mandiri, bantuan modal usaha ini agar dikelola sebaik-baiknya sehingga dapat meningkatkan hasil usaha, sembari berdoa semoga penyebaran wabah Covid-19 segera teratasi dan kondisi normal kembali", tutupnya.

Ditempat yang sama Pemimpin BNI wilayah Makassar Hadi Santoso mengaku kagum atas perhatian dan langkah orang nomor satu di Kodam Hasanuddin ini dalam memperhatikan para usaha kecil, masyarakat kecil dan masyarakat berpenghasilan rendah.

Lebih lanjut dikatakan bahwa kegiatan hari ini merupakan langkah awal dan selanjutnya berharap para usaha-usaha kecil nantinya bisa menjadi pengusaha besar.

"Seperti yang dikatakan Bapak Pangdam bahwa ini adalah langkah awal, kita berikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) mikro 2 juta rupiah, nanti akan terus berkembang sesuai kemampuan teman-teman pedagang kita.

Harapan kami setelah KUR mikro nanti menjadi KUR komersil, menjadi kredit modal kerja selanjutnya menjadi pengusaha. Kita mencetak calon-calon pengusaha dari pedagang-pedagang kita yang ada saat ini, mudah-mudahan 1.000 orang ini adalah cikal bakal yang dibentuk oleh Bapak Pangdam menjadi calon-calon pengusaha besar nantinya ke depan", harap Hadi.

Adam Frans Kurniawan (49) pedagang asongan Bakso Tusuk yang turut mendapatkan bantuan mengaku terbantu karena bisa menambah modal usaha bahkan berencana menambah usaha lain.

"Alhamdulillah kami sangat terbantu apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, pendapatan disaat pandemi memang sangat menurun, dulu sekitar 300 ribu sampai 400 ribu, sekarang bisa separuh, kadang juga tidak sampai", ungkapnya.

"Alhamdulillah, ini bisa nambah-nambah modal, kalau memungkinkan akan bisa tambah usaha lain, entah jual sayur, entah jual apa, ini sangat terbantu", tutupnya.

Turut hadir Kasdam Brigjen TNI Andi Muhammad, S.H, Irdam Brigjen TNI Purbo Prastowo, Kapok Sahli Brigjen TNI Andi Kaharuddin, para Asisten, Kapendam dan para Staf Bank BNI 46 (Persero) Tbk wilayah Makassar.(rilis)