Parlemen Prancis Upayakan Hapus Pajak Progresif Minyak Sawit Indonesia

By Admin


nusakini - Jakarta - Dalam kunjungan delegasi senator Prancis yang dipimpin Jacques Gauter yang sekaligus juga merupakan Ketua Kelompok Persahabatan Indonesia-Prancis di gedung Nusantara II DPR RI, Selasa (19/4/2016) di Jakarta, menyampaikan para senator Prancis tetap pada komitmennya untuk terus mengupayakan menghapus pajak progresif yang diberlakukan Pemerintah Prancis terhadap impor minyak sawit atau CPO (crude palm oil) dari Indonesia.

Sebelumnya Anggota BKSAP DPR menyoroti pajak progresif yang terlalu tinggi bagi produk CPO Indonesia yang masuk ke Prancis.

“Kami apresiasi sikap parlemen Perancis soal keinginan menghapus pajak progresif ini,” ucap Effendi Simbolon BKSAP DPR RI.

Adapun pajak progresif yang terlalu tinggi tersebut karena Indonesia dinilai tidak menjalankan program pembangunan berkelanjutan berupa pelestarian lingkungan hutan. Banyak pohon ditebang untuk industri sawit Indonesia. Pandangan ini coba diluruskan oleh Indonesia.

Dalam pertemuan itu, delegasi senator Prancis juga menyampaikan, akan bertolak ke Riau untuk melihat dari dekat perkebunan kelapa sawit. Tinjauan ini kelak akan menjadi bahan rekomendasi penting parlemen Prancis untuk menghapuskan pajak tinggi CPO Indonesia. (if/mk)