Patung Cristiano Ronaldo di India Tuai Kontroversi

By Nad

nusakini.com - Internasional - Patung bintang sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo, yang baru saja diresmikan, menjadi perbincangan di India.

Ditempatkan di negara bagian Goa barat, di mana sepak bola sangat populer, para pejabat berharap itu akan menginspirasi kaum muda.

Namun Goa juga merupakan bekas jajahan Portugis, dan baru 60 tahun sejak negara tersebut dibebaskan dari Portugal.

Kritikus mengatakan pemain sepak bola lokal seharusnya dihormati, terutama karena beberapa anggota tim nasional India dulu dan sekarang adalah orang-orang yang berasal dari Goa.

"Sangat kecewa mendengar patung Ronaldo didirikan. Belajarlah untuk bangga dengan ikon kita sendiri seperti Samir Naik dan Bruno Coutinho," kata seorang warga Goa kepada kantor berita IANS.

Selama peresmian patung, beberapa orang mengibarkan bendera hitam sebagai protes, lapor surat kabar Times of India.

Tim sepak bola Portugal sangat populer di Goa, dan karena masa lalu kolonialnya, banyak penduduk setempat telah tinggal di Portugal atau memiliki keluarga di sana.

Tetapi beberapa orang di negara bagian India merasa terhina untuk memasang patung itu selama perayaan ulang tahun ke-60 Goa yang akhirnya memenangkan kebebasan dari kekuasaan Portugis, yang terjadi selama 14 tahun setelah wilayah-wilayah lain di India merdeka dari kekuasaan Inggris.

"Mendirikan patung pesepakbola Portugal tahun ini adalah tindakan asusila. Kami mengutuk ini," kata aktivis sayap kanan Guru Shirodkar, seperti dikutip IANS.

"Ada banyak pejuang kemerdekaan di Goa yang telah dihina," tambahnya.

Michael Lobo, seorang anggota parlemen lokal di Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa, mengunggah foto dirinya dengan patung itu, dan mengatakan bahwa patung itu dipasang "atas permintaan kaum muda kita" untuk menginspirasi mereka "untuk membawa sepak bola ke tingkat yang lebih tinggi".

Meskipun kriket tetap menjadi olahraga paling populer di India, sepak bola - terutama Liga Utama Inggris - adalah favorit di beberapa wilayah negara - Kerala di selatan, Goa di barat, Benggala Barat di timur dan semua dari delapan negara bagian timur laut .

Cristiano Ronaldo, yang saat ini bermain untuk Manchester United, dipuja oleh banyak penggemar dan secara luas dianggap sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola.

Penyerang berusia 36 tahun itu belum berkomentar secara terbuka tentang patung itu.

Ini bukan pertama kalinya patungnya membuat alis terangkat - pada tahun 2017 patung Ronaldo secara luas diejek dan akhirnya diganti di bandara Madeira di Portugal.