Pemegang Rekor Bayi Paling Prematur di Dunia Merayakan Ulang Tahun Pertamanya

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang bayi lahir dengan berat tidak sampai 500 gram. Bayi ini kemudian dinamakan sebagai bayi paling prematur di dunia berdasarkan Guinness World Records.

Richard Scott William Hutchinson adalah namanya. Ia lahir secara prematur pada usia kandungan 5 bulan. Berat badannya hanya sekitar 337 gram, dokter yang bertanggung jawab memberitahu orang tuanya bahwa kesempatannya untuk selamat adalah 0%.

Ia terlahir 131 hari lebih cepat, tubuhnya belum berkembang sempurna seperti bayi pada umumnya. Orang tuanya bahkan bisa memegang Richard hanya dengan satu tangan saja.

dr. Stacy Kern, ahli neonatal yang bertanggung jawab atas Richard, menjelaskan bahwa minggu pertama sejak Richard lahir sangat krusial. Jika Richard bisa melewati minggu pertama itu, ia adalah seorang pejuang yang tangguh, menurut dr. Kern.

Orang tua Richard tidak diperbolehkan menginap di rumah sakit karena pandemi COVID-19, sehingga mereka harus pulang balik dari rumah mereka di Wisconsin ke rumah sakit di Minneapolis tempat Richard dirawat. Perjalanan ini berjarak sekitar 493 km dan memakan waktu lebih dari 4 jam menggunakan mobil.

Namun ayah Richard, Rick, mengatakan bahwa perjuangan mereka menempuh jarak sejauh itu sepertinya membantu Richard untuk bertahan.

Richard dipulangkan dari rumah sakit pada bulan Desember 2020. Ia menjalani perawatan intensif selama 6 bulan. dr. Stacy Kern menyebut hari kepulangan Richard adalah hari yang sangat istimewa.

Richard baru saja merayakan ulang tahun pertamanya pada tanggal 5 Juni lalu. Ia menunjukkan bahwa ada keajaiban bagi bayi prematur yang memiliki kesempatan hidup 0%. (dd)