Pemimpin Samsung Dibebaskan Bersyarat

By Nad

nusakini.com - Internasional - Wakil ketua, dan "putra mahkota", Samsung, Lee Jae-yong akan segera dibebaskan bersyarat pada minggu ini, menurut Kementrian Keadilan Korea Selatan pada hari Senin (9/8).

Lee yang juga dikenal sebagai Jay Y. Lee, mendapatkan hukuman 2,5 tahun penjara pada bulan Januari setelah Pengadilan Tinggi Seoul menyatakan ia bersalah atas penggelapan dan suap. Ia akan segera dikeluarkan pada tanggal 13 Agustus.

Menteri Park Beom-kye mengatakan Lee adalah salah satu dari 810 tahanan yang akan dibebaskan bersyarat karena Hari Kemerdekaan Korea, yaitu kemerdekaan Korea Selatan dari imperialisme Jepang pada tahun 1945. Tahun lalu, lebih dari 600 tahanan dibebaskan pada Hari Kemerdekaan.

Park menjelaskan penambahan kuota tahanan yang dibebaskan tahun ini untuk mengurangi kemungkinan kerumunan berlebih di fasilitas-fasilitas penjara yang bisa saja menjadi titik penyebaran infeksi. Hal ini juga dilakukan untuk mengembangkan kondisi perekonomian Korea Selatan.

Lee kemungkinan besar tidak akan kembali bekerja. Ia sedang menghadapi larangan bekerja selama lima tahun di bawah hukum Korea Selatan, dan tahanan bebas bersyarat tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri hingga masa tahanannya berakhir. Lee bisa mengajukan pengecualian ke Kementerian Keadilan, namun masih belum jelas apakah ia sudah mengajukannya.

Lee terlibat dalam skandal besar yang akhirnya menurunkan paksa pemerintahan mantan presiden Park Geun-hye. Park sendiri akan menghabiskan masa tahanan selama lebih dari dua abad karenan kasus tersebut.

Lee sebelumnya dituntut lima tahun penjara pada bulan Agustus tahun 2017 atas tuduhan suap dan penggelapan, namun ia bebas dalam waktu kurang dari satu tahun setelah sebuah pengajuan menghapus tuduhan dan mengakhiri tuntutan yang diberikan.

Namun, Lee kembali masuk penjara pada bulan Januari setelah dilakukan pengadilan ulang. Ayahnya, Lee Kun-hee, ketua perusahaan Samsung, meninggal pada tahun lalu setelah mengalami koma karena serangan jantung pada tahun 2014. Lee Jae-yong lalu menjadi pemimpin de facto Samsung.