Penetrasi Pasar Amerika Latin-Karibia di Ina-Latamcar Business Forum 2019

By Abdi Satria


nusakini.com-Surabaya-Pemerintah Provinsi Jawa Timur berkomitmen memberikan kemudahan pengurusan izin para pengusaha yang akan melakukan ekspor ke pasar prospektif, termasuk ke wilayah Amerika Latin dan Karibia, serta mendorong pengusaha untuk berpartisipasi pada Ina-Latamcar Business Forum 2019.  

Demikian diungkapkan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak, saat memberikan sambutan pada kegiatan ''Penggalangan Pengusaha Jawa Timur dalam rangka Persiapan Ina-Latamcar Business Forum 2019''  di Surabaya, Rabu (10/4). Wagub Jatim juga meminta para pengusaha dapat bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk bersama-sama meningkatkan ekspor produk-produk dari Jawa Timur. 

Sementara itu, Plt. Direktur Amerika II dalam sambutannya mengajak para pengusaha untuk mengejar ketertinggalan dari negara-negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Malaysia, Vietnam dan Singapura yang memiliki nilai ekspor cukup tinggi ke wilayah tersebut. Pengusaha juga diminta untuk tidak segan menghubungi Kementerian Luar Negeri ataupun Perwakilan RI di 132 negara melalui pejabat fungsi ekonomi atau atase perdagangan. 

Upaya untuk mengoptimalkan peluang baru setelah diratifikasinya perjanjian Indonesia – Chile Comprehensive Economic Partnership Agreement (IC-CEPA) merupakan salah satu topik yang dibicarakan pada sesi diskusi. Melalui IC-CEPA, hampir 89% produk Indonesia akan mendapatkan tarif 0%, diantaranya adalah peralatan militer, produk otomotif, produk perikanan, tekstil, minyak sawit, biofel, kertas, kopi instan, teh, furniture, alas kaki, ban, lemari pendingin, dan perhiasan. 

Kegiatan penggalangan pengusaha ini merupakan upaya Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri dalam menarik minat pengusaha untuk ikut serta pada acara Ina-Latamcar Business Forum 2019 yang akan diselenggarakan di Jakarta pada 14 Oktober 2019, back to back dengan Trade Expo Indonesia.

Sebagai tindak lanjut kegiatan dari kegiatan penggalangan pengusaha ini, Ditjen Amerop akan mengadakan pertemuan koordinasi dengan perwakilan RI melalui video conference guna mengidentifikasi pengusaha Amerika Latin dan Karibia yang akan berpartisipasi pada Ina-Latamcar Business Forum 2019 dan bermitra dengan pengusaha Indonesia.

Diharapkan kerja sama Kemlu dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dapat memberikan konstribusi pada peningkatan ekspor nasional termasuk ekspor Pemprov Jatim ke negara-negara di wilayah Amerika Selatan dan Karibia. 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Amerika dan Eropa (Direktorat Amerika I, Direktorat Amerika II dan Direktorat KSIA Amerop) Kementerian Luar Negeri bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Sekitar 100 peserta telah hadir pada acara yang juga dihadiri oleh Kadisperindag Jatim, Kadis Penanaman Modal, dan Ketua Umum Kadin Jatim. Bertindak sebagai moderator adalah Dyah Wahyu Ermawati, Karo Administrasi Perekonomian Setda Jatim, dengan pembicara: Duta Besar Prayono Atiyanto, Duta Besar Emeria W.A. Siregar, Kiki Kusprabowo (Kasubdit IV Direktorat KSIA Amerop Kemlu), dan Darianto Harsono (Kasubdit II Direktorat Amerika II).​ (p/ab)