Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja Di Sulawesi Selatan

By Admin


nusakini.com - Makassar - Jumlah angkatan kerja di Sulawesi Selatan tahun 2015 sebanyak 3.706.128 Jiwa dengan jumlah penduduk yang bekerja mencapai 3.485.492 Jiwa.  Sementara Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) sebesar 60,94 % sedangkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,95 % atau 220.636 Jiwa. 

Tingkat Pengangguran Terbuka menunjukkan proporsi penduduk yang sedang mencari pekerjaan secara aktif maupun mereka yang sedang mempersiapkan suatu usaha terhadap angkatan kerja. Tinggi rendahnya pengangguran terbuka memiliki kepekaan terhadap dinamika pasar kerja dan tingkat kesejahteraan masyarakat, diantaranya tergantung pada kompetensi tenaga kerja untuk bersaing di pasar tenaga kerja. 

Untuk itu melalui program peningkatan kualitas produktivitas tenaga kerja Pemerintah SulSel melalui Balai Latihan Kerja (BLK) baik yang dikelola langsung pemerintah maupun swasta semakin meningkatkan kompetensi tenaga kerja sehingga berhasil terserap tenaga kerja sebesar 127.677 Jiwa dari pengangguran terbuka. 

Sedangkan melalui program perluasan dan pengembangan kesempatan kerja yang mendorong kesempatan kerja produktif dan mobilitas tenaga kerja untuk mengurangi penganggur dan setengah penganggur di pedesaan dan perkotaan serta memenuhi pasar kerja internasional sehingga berhasil penempatan TK AKAD sebanyak 950 Jiwa dan mekanisme Antar Kerja Lokal (AKL) sebanyak 41.729 Jiwa serta penempatan TKI sebanyak 1.173 Jiwa yang bekerja di luar negeri yaitu Malaysia, Singapura, Jepang, Taiwan, Qatar, Quwait, Korea, Hongkong, Uni Emirat Arab dan Brunei Darussalam (sul)