Penyusup Bersenjata Ditangkap di Kastil Windsor saat Ratu sedang Rayakan Hari Natal

By Nad

nusakini.com - Internasional - Seorang penyusup bersenjata ditangkap di halaman Kastil Windsor tempat Ratu Inggris Elizabeth II dan beberapa anggota keluarganya menghabiskan Natal, kata Polisi Thames Valley, Sabtu (25/12).

Seorang pria berusia 19 tahun dari Southampton yang memiliki "senjata ofensif" ditangkap tak lama setelah pukul 08:30 waktu setempat dan tetap dalam tahanan, kata polisi.

Menurut pernyataan polisi, petugas dari Thames Valley dan Polisi Metropolitan menanggapi pelanggaran keamanan dalam beberapa menit. Pria itu tidak memasuki gedung mana pun, kata polisi.

"Pria itu telah ditangkap atas dugaan pelanggaran atau masuk tanpa izin di wilayah yang dilindungi dan kepemilikan senjata ofensif. Ia tetap ditahan saat ini," kata Inspektur Polisi Thames Valley, Rebecca Mears dalam pernyataannya. "Anggota Keluarga Kerajaan telah diberitahu tentang insiden itu," tambahnya.

Rayu berusia 95 tahun itu merayakan Natal di Kastil Windsor setelah membuat keputusan untuk tidak melakukan perjalanan ke Sandringham, lokasi perayaan Natalnya yang biasa, karena pandemi.

Ia ditemani di Windsor dengan putranya, Pangeran Charles, dan Camilla, Duchess of Cornwall.

Ratu menyampaikan siaran Natal tahunannya dari Kastil Windsor, mendedikasikan sebagian besar pidato tradisionalnya kepada Pangeran Philip, suaminya yang bersama selama 73 tahun, yang meninggal pada bulan April pada usia 99 tahun.

Meskipun tidak umum, penyusupan ke dalam istana kerajaan terkadang terjadi. Mungkin insiden paling terkenal terjadi pada tahun 1982 ketika seorang pria bernama Michael Fagan, yang saat itu berusia 31 tahun, memanjat dinding Istana Buckingham, merangkak melalui jendela yang terbuka dan berjalan ke kamar tidur Ratu Elizabeth II, yang sedang tidur.

Sang Ratu tidak terluka, meskipun gangguan itu memicu pertanyaan serius tentang keamanan istana, terutama ketika upayanya berulang kali untuk memanggil bantuan diabaikan.

Pada tahun 2004, seorang aktivis hak ayah yang berpakaian kostum Batman menghindari pasukan keamanan untuk menggelar protes di balkon Istana Buckingham. Jason Hatch, juru kampanye Fathers 4 Justice, menggunakan tangga untuk memanjat pagar perimeter sebelum naik ke balkon, di mana para bangsawan muncul pada acara-acara seremonial seperti pernikahan Pangeran William dan Catherine pada 2011. Komedian Aaron Barschak telah menyoroti keamanan istana yang terbilang "longgar" saat pesta ulang tahun ke-21 Pangeran William di Windsor pada tahun 2003.