Peringkat FIFA: Malta Salip Indonesia, Inggris Gusur Prancis

By ommed


nusakini.com - Posisi Indonesia mengalami penurunan satu tangga setelah absen di kalender FIFA pada awal bulan ini. Skuad Garuda sekarang menduduki peringkat ke-175, karena digeser Malta berdasarkan peringkat FIFA yang dirilis, Kamis (16/9).

Berdasarkan peringkat yang dikeluarkan bulan lalu, Indonesia berada di posisi ke-174, sedangkan Malta menduduki urutan ke-177. Namun kemenangan atas Siprus, serta kekalahan dari Slovenia dan Rusia di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa membuat Malta memperbaiki posisi ke peringkat 171. Hasil perhitungan memang mengacu kepada 152 pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022, serta 25 laga uji coba yang berlangsung sepanjang September.


Indonesia sebetulnya dijadwalkan melakoni pertandingan pada awal September menghadapi Cina Taipei di play-off babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023, namun terpaksa ditunda, karena pandemi COVID-19 belum melandai di tanah air.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia masih belum beranjak dari papan bawah. Vietnam masih berada di puncak klasemen Asia Tenggara dengan menempati posisi 95 dunia, meski mengalami penurunan tiga tangga dibandingkan bulan lalu setelah gagal bersinar di laga awal babak ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Posisi kedua Asia Tenggara dipegang Thailand yang juga turun dari 120 ke 122. Sedangkan Filipina naik tiga tangga ke posisi 125 dari sebelumnya peringkat 128, diikuti Myanmar (146), Malaysia (154), Singapura (160), Indonesia (175), Kamboja (178), Laos (186), Brunei Darussalam (190), dan Timor Leste (194).


Jepang yang sebelumnya berada di puncak kawasan Asia dengan peringkat 24 harus merelakan tempatnya digusur Iran. Iran kini berada di posisi 22 dunia, sedangkan Jepang di peringkat 26, diikuti Australia (32), Korea Selatan (36), dan Qatar (43).

Sementara itu, peringkat puncak dunia masih digenggam Belgia, dan diikuti Brasil. Hanya saja, peringkat tiga mengalami perubahan setelah Inggris sukses menggusur Prancis. Dua kemenangan dan satu imbang sudah cukup bagi The Three Lions menggeser Prancis ke peringkat empat.

Italia tidak mengalami perubahan, dan tetap berada di peringkat kelima diiikuti Argentina. Sedangkan Portugal mengambil alih posisi Spanyol di peringkat tujuh. Denmark menembus ke sepuluh besar menggusur Amerika Serikat. (gi/om)