Perkuat Kemaritiman, Kota Padang Jadi Tuan Rumah Pacific Partnership 2016

By Admin

nusakini.com-- Kegiatan Pacific Partnership 2016 resmi di gelar di kota Padang.Kegiatan latihan bersama tujuh negara ini dititikberatkan kepada latihan kesehatan militer dalam penanggulangan bencana antara Pusat Kesehatan (Puskes) TNI dengan United States Pacific Fleet. 

Walikota Padang H. Mahyeldi Dt Marajo menyambut baik kegiatan Pacific Partnership 2016 di Kota Padang. Menurut walikota, dipilihnya Padang menggelar kegiatan berskala internasional ini akan menguatkan kerjasama dalam pengendalian bencana. 

 "Kita memfokuskan kerjasama TNI dengan negara asing, ketika ada bencana dan datang bantuan dari luar, kita dapat mengetahui prosedurnya. Termasuk kerjasama dalam penanggulangan bencana," kata Mahyeldi. 

Sementara itu, Panglima TNI Mayjen TNI Agung R mengatakan, latihan guna memperkuat kemaritiman dan penanggulangan kebencanaan. 

"Latihan bersama ini kita harapkan dapat menjadi forum untuk kita saling meningkatkan kepercayaan dan sebagai tukar pengalaman dan pengetahuan tanpa menghilangkan saling menghargai atau standar prosedur yang ada antar negara," terang Agung ketika membuka langsung acara Pacific Partnership 2016 bertempat di Mako Lantamal II, Teluk Bayur, Padang, kemarin.

Agung R juga menyebut dengan saling bertukar pengalaman dan pengetahuan dan kerjasama akan tercapai tujuan latihan bersama yang sebenarnya. Sehingga seluruh negara yang melakukan latihan akan mendapat pengetahuan yang lebih. "Termasuk TNI, juga dapat meningkatkan kemampuan dalam mengorganisir latihan kesehatan militer berskala internasional," tukasnya. 

Wakil Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Brian McFeeters menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak, khususnya Kota Padang yang telah menjadi tuanrumah acara ini. Brian menekankan bahwa kegiatan Pacific Partnership 2016 dapat terjadi kolaborasi yang sangat baik antara negara. "Ini akan menjadi kolaborasi yang cukup baik nantinya," harapnya. 

Pacific Partnership merupakan acara tahunan yang berfokus pada bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana dalam bentuk pengerahan kekuatan armada pasifik angkatan laut Amerika Serikat yang bekerjasama dengan negara di Asia Pasifik.(p/ab)