Persija Jakarta Telan Kekalahan Dari Borneo FC

By ommed


nusakini.com - Persija Jakarta dipaksa menelan dua kekalahan beruntun setelah ditaklukkan Borneo FC dengan skor 2-1 di Stadion Moch Soebroto, Senin (29/11) malam WIB, pada pertandingan pekan ke-14 Liga 1 2021/22.

Kekalahan itu membuat Persija terpaku di peringkat kesepuluh klasemen sementara dengan nilai 18. Sedangkan Borneo FC naik satu tangga ke posisi 22 usai mengoleksi 22 poin.

Persija yang berstatus sebagai tim tamu di laga ini langsung menerapkan permainan agresif sejak menit pertama. Sebaliknya, Borneo FC mengawali laga dengan tempo permainan sedang.


Tim Macan Kemayoran mendapatkan peluang ketika laga memasuki menit ke-12. Marco Motta menyisir sisi pertahanan Borneo FC, dan melepaskan umpan ke depan gawang. Marko Simic menyambutnya dengan sundulan, namun mengarah ke pelukan penjaga gawang Gianluca Pandeynuwu.

Borneo FC selanjutnya mulai bermain terbuka, tetapi kesulitan menembus pertahanan Persija. Wahyudi Hamisi mencoba peruntungan dengan melepaskan tendangan keras dari jarak sekitar 25 meter di menit ke-18, dan kiper Andritany Ardhiyasa harus meregangkan otot untuk menepis bola.

Upaya Persija untuk membuka keunggulan lebih dulu akhirnya terwujud pada menit ke-20 melalui duet andalan Marko Simic dan Riko Simanjuntak. Bola korner yang dilepas Riko disambut tandukan Simic yang membuat penjaga gawang Gianluca Pandeynuwu hanya terpana.


Selepas itu, Persija berada dalam tekanan hebat dari tuan rumah, dan memaksa Andritany melakukan penyelamatan. Pada menit ke-24, peluang diperoleh Terens Puhiri berturut-turut. Setelah sepakannya diblok Andritany, Terens selanjutnya memaksa kiper Persija ini bekerja keras menepis sepakannya, yang kemudian membentur tiang.

Peluang kembali diperoleh Borneo FC di menit ke-38. Andritany lagi-lagi tampil cemerlang untuk mementahkan sepakan Jonathan Bustos. Selanjutnya Borneo FC tidak mudah menembus pertahanan lawan, dan skor 1-0 untuk keunggulan Persija bertahan hingga babak pertama berakhir.

Borneo FC yang tertinggal satu gol di babak pertama mengambil inisiatif menekan lebih dulu ke pertahanan Persija. Sedangkan Persija juga tetap memperlihatkan terbuka untuk menggandakan keunggulan.

Tim Pesut Etam akhirnya berhasil menyamakan kedudukan saat babak kedua baru berjalan empat menit lewat eksekusi penalti Fransisco Torres. Hadiah penalti diberikan wasit menyusul pelanggaran heng Marco Motta.


Setelah sempat mengalami kesulitan menembus pertahanan Persija, Borneo FC mendapatkan peluang untuk membalikkan keadaan di menit ke-75. Tapi tendangan bebas Torres mengenai mistar gawang.

Selang empat menit kemudian, Borneo FC memaksa Andritany bekerja keras menghalau bola. Umpan Bustos disambut sundulan pemain pengganti Wawan Febriyanto, tapi berhasil ditepis Andritany.

Persija yang mendapat tekanan akhir mendapatkan peluang pada menit ke-80. Menerima umpan Taufik Hidayat, Riko melakukan solo run, dan memasuki area penalti, tetapi sontekannya melambung.

Setelah tendangan bebasnya ditepis Andritany, dan menghajar mistar, Wawan merayakan keberhasilannya menjebol gawang Persija dengan menyambut umpan Terens menjelang pertandingan berakhir, sehingga Borneo FC sukses mendulang tiga angka. (gi/om)