Peserta Intensifkan Persiapan Jelang Berkiprah di Ajang Olahraga Hardiknas Terintegrasi 2022

By Abdi Satria


nusakini.com, Makassar-Tim peserta Ajang Olahraga Hardiknas Terintegrasi 2022 Sulawesi Selatan mulai mengintensifkan persiapan untuk bersaing pada tiga cabor andalan yakni Futsal, Basket 3 on 3 dan Tenis Lapangan.

Menurut Mirdan Midding, kordinator bidang olahraga peringatan Hardiknas 2022 Sulsel, persiapan itu sudah diawali dengan menggelar seleksi terbuka yang melibatkan pelatih, guru olah raga dan kepala sekolah.

"Seleksi yang dilaksanakan menjunjung azas fair play. Karena tujuan utamanya adalah memberikan kesempatan kepada para pelajar di Sulsel untuk mengembangkan bakatnya. Nantinya, atlet yang berprestasi akan diarahkan mengikuti pertandingan skala nasional," ujar Mirdan yang juga adalah kepala sekolah SMAN 20 Makassar ini.

Mirdan merujuk langkah Makassar yang menggelar seleksi untuk basket 3 on 3 di SMAN 12, SMAN 10 dan SMAN 21, Sabtu (7/5/2022) sampai Minggu (8/5/2022). "Wilayah lain seperti Takalar, Bantaeng, Luwu dan Pangkep juga melaporkan sedang melakukan persiapan yang sama," terang Mirdan.


Apresiasi dari Kadisdik Sulsel

Mirdan menambahkan, antuasiasme peserta melakukan persiapan mendapat apresiasi dari Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sulsel, Setiawan Aswad. "Pak Kadis menyampaikan apresiasinya itu di grup whatsapp. Beliau berharap para atlet yang bertanding tampil dengan kemampuan terbaiknya," papar Mirdan.

Mirdan menambahkan, panpel akan melakukan pertemuan teknik untuk tenis lapangan pada Senin (9/5/2022) malam di Kampus PAUD, Jl Adhiyaksa. Sedang Futsal dan Basket 3 on 3 digelar di Kantor Disdik Sulsel, Kamis (12/5/2022).

Sedang lokasi pertandingan untuk penyisihan Basket 3 on 3 berlangsung di SMAN 11 Makassar dan final di Universitas Ciputra. Sedang Futsal dipusatkan di SMAN 21 Makassar. "Khusus untuk tenis yang melibatkan eksekutif akan berlangsung di Lapangan LPMP," papar Mirdan.

Seperti diketahui, pada penyelenggaran yang mengusung tagline Hardiknas Terintegrasi 2002, Disdik Sulsel bekerjasama dengan sejumlah lembaga vertikal. Diantaranya LPMP, Balai Bahasa, Balai Kelautan, Kemenag Sulsel dan Universitas Ciputra. (ab)