Piala AFF U-16: Cukur Singapura, Indonesia Jalani Duel Hidup & Mati Kontra Vietnam

By ommed


nusakini.com - Timnas Indonesia U-16 akan menjalani pertandingan hidup dan mati melawan Vietnam untuk memperebutkan tiket ke semi-final Piala AFF U-16 setelah dalam matchday kedua Grup A meraih kemenangan.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8) malam WIB, timnas U-16 mencukur Singapura sembilan gol tanpa balas. Sedangkan pada sore harinya di Stadion Sultan Agung, Bantul, Vietnam menggasak Filipina 5-0.

Hasil itu membuat timnas U-16 memuncaki klasemen sementara Grup A dengan nilai enam. Raihan poin tersebut sama dengan Vietnam yang berada di peringkat kedua, namun timnas U-16 unggul selisih gol.

Tak pelak pertandingan terakhir Grup A antara Indonesia dan Vietnam akan menentukan nasib kedua tim. Duel ini bakal digelar di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (6/8) malam WIB

Timnas U-16 cukup bermain imbang di laga nanti untuk mengunci puncak klasemen. Bila menelan kekalahan, timnas U-16 masih menunggu hasil di Grup B dan C untuk mendapatkan status runner-up terbaik.

Sementara itu, dalam duel melawan Singapura, timnas U-16 sudah membuka keunggulan melalui Nabil Asyura ketika laga baru berjalan tiga menit. Nabil selanjutnya mencetak brace di menit ke-17 untuk membawa timnas U-16 menggandakan keunggulan.

Selang lima menit kemudian, Hanif Ramadhan memperbesar keunggulan menjadi 3-0. Nabil selanjutnya mencetak hat-trick ketika menaklukkan kiper Efan Qiszman saat laga berjalan setengah jam.

Sebelum babak pertama berakhir, tim besutan Bima Sakti ini memperlebar keunggulan menjadi 6-0 lewat brace Kafiatur Rizky di menit ke-35 dan 43.

Timnas U-16 tetap mendominasi permainan di babak kedua, meski sudah unggul enam gol di paruh pertama. Mohd Riski Afrisal menambah pundi-pundi gol timnas U-16 saat laga memasuki menit ke-59.

Skor 7-0 masih belum membuat timnas U-16 puas. Mereka sukses memperlebar keunggulan di menit ke-78 melalui eksekusi penalti Wally Marifat. I Komang Putra pun ikut mencatatkan namanya di papan skor setelah menggenapkan kemenangan menjadi 9-0 menjelang pertandingan berakhir. (gi/om)