Pohon Tak Berbuah

By Admin


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Suatu ketika Hasan Basri ditanya : Apa rahasia zuhudmu di dunia ini? Kemudian  Beliau menjawab: “Aku tahu rezekiku tidak akan diambil orang lain, karena itu hatiku selalu tenang. Aku tahu amalku tidak akan dikerjakan orang lain, kerana itulah aku sibuk beramal shalih. .

Aku tahu Allah Ta’ala selalu memperhatikanku, kerana itulah aku malu jika Allah melihatku sedang dlm maksiat. Dan aku tahu kematian itu sudah menungguku, karena itulah aku selalu menambah bekal untuk hari pertemuanku dgn Allah.”

Rahasia Zuhudnya Hasan Al Basri ini memberi pesan bahwa jangan tertipu dgn usia muda karena syarat mati tidak harus tua.

Jangan terpedaya dgn tubuh yg sehat karena syarat mati tidak mesti sakit.
.
Jangan terperdaya dgn harta kekayaaan karena si kayapun tidak pernah menyiapkan kain kafan buat dirinya meski cuma selembar.
.
Teruslah berbuat baik kapan dan dimanapun,  berniat untuk menjadi manusia terbaik, memberi nasihat yg baik-baik pula, meskipun tidak banyak orang yg mengenalimu dan tidak suka dgn nasihatmu.
.
Cukuplah  Allah yg mengenali Anda lebih dari pada orang lain.
.
Jadilah bagai jantung yg tidak terlihat, tetapi terus berdenyut setiap saat hingga kita terus dapat hidup, berkarya dan menebar manfaat bagi sekeliling kita sampai diberhentikan oleh Allah .

Jangan sia-siakan hidup ini tanpa beramal, ibarat pohon yg tak berbuah. Sebagaimana diungkapkan oleh seorang ulama tersohor:
“Waktu yg kusesali adalah jika pagi hingga matahari terbenam, amalku tidak bertambah sedikitpun, padahal aku tahu saat ini umurku terus berkurang.” (Ibnu Mas’ud r.a)
.
Nabi bersabda : orang yg cerdas itu adalah orang yg mempersiapkan kematian dan mepersiapkan bekal untuk hidup setelah kematiannya. (Makna dari HR. At Tirmidzi, dari Ibnu Umar ra. Syaikh Al Albaniy dalam Shahih An Nasa’iy 2/393 berkata : “hadits hasan shahih”). (mj)