Polisi India Tangkap Wanita yang Buat Aplikasi Jual Wanita Muslim

By Nad

nusakini.com - Internasional - Polisi di India mengatakan mereka telah menangkap tiga tersangka dalam penyelidikan aplikasi online yang membagikan gambar lebih dari seratus wanita Muslim untuk "pelelangan" dalam kasus lain kebencian terhadap komunitas minoritas.

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa wanita Muslim India mengatakan di media sosial bahwa foto mereka telah digunakan tanpa persetujuan untuk membuat aplikasi sumber terbuka di platform pengembangan perangkat lunak terbuka milik Microsoft, GitHub.

Aplikasi itu disebut "Bulli Bai", istilah yang menghina untuk menggambarkan wanita Muslim.

Divisi kejahatan dunia maya Kepolisian Mumbai pada Rabu (5/1) pagi menangkap Mayank Rawal, 21, dari negara bagian Uttarakhand di utara, kantor berita Press Trust of India melaporkan.

Rawal adalah orang ketiga yang ditangkap dalam kasus ini setelah Vishal Kumar, seorang mahasiswa teknik berusia 21 tahun, dan Shweta Singh, seorang wanita berusia 19 tahun yang dicurigai oleh polisi sebagai tersangka utama.

Kumar ditangkap di pusat teknologi selatan Bengaluru, kata pejabat polisi Mumbai pada hari Selasa (4/1), sementara Singh dijemput dari Uttarakhand.

Dalam pengaduan polisi yang diajukan pada hari Minggu (2/1), Ismat Ara, seorang jurnalis yang berbasis di New Delhi yang ditargetkan oleh aplikasi untuk “pelelangan” online, mengatakan itu adalah upaya untuk melecehkan wanita Muslim.

“GitHub tersebut bersifat kekerasan, mengancam dan bermaksud untuk menciptakan rasa takut dan malu di benak saya, serta di benak perempuan pada umumnya, dan komunitas Muslim yang perempuannya menjadi sasaran dengan cara yang penuh kebencian ini,” kata GitHub. keluhan, yang diposting Ara di media sosial.

Sabtu (1/1) lalu, Menteri Teknologi Informasi India Ashwini Vaishnaw mengatakan GitHub telah mengkonfirmasi pemblokiran pengguna yang membuat aplikasi "Bulli Bai".

Aplikasi ini muncul hanya enam bulan setelah aplikasi serupa yang disebut “Sulli Deals” menempatkan hampir 80 wanita Muslim India “dijual”.

Belum ada penangkapan yang dilakukan dalam kasus “Sulli Deals”.