Nusakini.com - Kesehatan merupakan faktor utama dalam menunjang aktifitas kita sehari hari, istirahat dengan kualitas yang baik tentunya harus kita perhatikan agar tubuh tetap sehat. Salah satunya adalah posisi Tidur, Sebaiknya anda tahu bahwa posisi tidur yang baik dapat mempengaruhi kesehatan anda. Posisi tidur dapat mempengaruhi kondisi badan ketika bangun pada esok harinya. Bila Anda tidur dengan posisi yang salah, kemungkinan anda tidak akan bisa menjalani aktifitas dengan baik.
Di bawah ini ada beberapa contoh bagaimana posisi tidur yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Tidur telentang,
Tidur dengan posisi telentang ternyata sama manfaatnya ketika Anda melakukan gerakan yoga yaitu posisi berbaring lurus. Ahli Yoga menngatakan  posisi ini bisa membantu memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit kepala, pulihkan energi dan mengurangi insomnia.

Tidur tengkurap bisa membuat leher cedera,
banyak orang tidur dengan posisi tengkurap baik secara sadar atau tidak sadar, dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal itu  berpotensi mencederai beberapa bagian tubuh Anda, terutama leher. Ketika Anda tengkurap untuk waktu yang lama, anda meletakkan tekanan yang tidak seharusnya pada bagian atas tubuh anda. Anda juga menaruh leher anda pada posisi yang tidak nyaman.
Hal tersebut bisa mengakibatkan sakit pada leher, tidur tengkurap juga tidak baik bagi paru paru Anda, karena dapat mengganggu sistem pernapasan. Posisi tidur tengkurap harus dihindari sebisa mungkin.

Tidur miring ke kiri bagus untuk jantung,
Posisi tidur miring ke kiri membantu sirkulasi dan peredaran darah pada jantung anda dan juga menghindari tekanan langsung pada liver.

Tidur dengan posisi miring ke kanan dapat menaikkan asam lambung

Tidur miring ke kanan dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung yang dapat menyebabkan insomnia dan rasa tidak nyaman pada perut. Penderita asam lambung sebaiknya melatih tidur dengan cara bergantian posisi ke arah kiri pada malam hari. Dengan demikian anda dapat mengurangi naiknya asam lambung, dan tidur anda dapat lebih nyaman.(sr)