Prajurit Yonmarhanlan IV Tanjungpinang Kibarkan Sang Saka Merah Putih Didasar Laut

By Ahmad Rajendra


Nusakini.Com--Tanjungpinang--Prajurit Yonmarhanlan IV mengibarkan Sang Saka Merah Putih di bawah laut Trikora Pantai Dholpin pulau Bintan. Pengibaran bendera itu dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 yang dilaksanakan serentak di 77 titik di Indonesia, Rabu (17/8/22). 

Acara pengibaran bendera diawali dengan penyerahan Bendera Merah Putih dari Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas Muhammad Ikhwan Madani, S.Sos.,M.Si. Kepada Kopda Marinir Saktiono sebagai prajurit pengibar bendera di dasar laut.  

Secara terpusat pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut dilaksanakan di Pulau Putri Kepuluan Seribu yang dipimpin Wakasal, Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono. Prajurit Jalasena Samudera TNI AL adalah prajurit petarung yang siap menjaga keutuhan dan kedaulatan, dari dasar samudera hingga permukaan laut Nusantara, demi kejayaan dan kemakmuran bangsa Indonesial.

Danyonmarhanlan IV Tanjungpinang Letkol Marinir Kemal Mahdar saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pengibaran bendera pada kedalaman 7 (tujuh) hingga 10 (sepuluh) meter di bawah laut itu merupakan perintah dari Kepala Staf Angkatal Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono kepada seluruh jajaran TNI AL. Pengibaran ini agar memeriahkan HUT RI ke-77 dan menguatkan semangat nasionalisme secara serentak untuk menggelar upacara dan mengibarkan bendera merah putih di bawah laut. Uajar Danyon 

Lebih lanjut Danyon juga menjelaskan, pengibaran bendera di bawah itu mengisyaratkan TNI AL siap untuk menjaga kedaulatan dan keamanan di seluruh Indonesia. Pengibaran ini juga bertujuan untuk membangkitkan kembali kejayaan maritim, untuk Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Dengan adanya kegiatan tersebut kita dapat melihat betapa luasnya laut Nusantara dengan berjuta kekayaan didalamnya, yang harus tetap terjaga keutuhannya dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Rote yang menjadi bukti kejayaan perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia. Tutupnya

Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IV Letkol Marinir Kemal Mahdar, S.H.,M.Tr.Opsla mendapat amanah menjadi Komandan upacara pengibaran bendera di dasar laut memperingati hari Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022 di Perairan Laut Pulau Bintan yakni di pantai Dholpin malang rapat pulau Bintan. (Rilis)