Presiden Jokowi dan PM Lee Bahas Implementasi Lima Butir Konsensus ASEAN untuk Myanmar

By Abdi Satria


nusakini.com-Bintan-Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong, di The Sanchaya Resort Bintan, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa, (25/01/2022). Selain isu bilateral, dalam pertemuan yang konstruktif tersebut kedua pemimpin juga membahas sejumlah isu di kawasan, terutama perkembangan terkini di Myanmar.

“Kita sangat prihatin melihat perkembangan situasi di Myanmar. Indonesia dan Singapura memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya pelaksanaan Five-Point Consensus,” ujar Presiden Jokowi dalam pernyataan bersama PM Lee usai pertemuan.

Presiden pun mendorong semua pihak untuk menghormati konsensus yang sudah diambil oleh negara-negara ASEAN tersebut.

“Konsensus ini merupakan keputusan ASEAN pada tingkat tinggi dan harus dihormati oleh semua,” tegasnya.

Lebih lanjut, Presiden juga menekankan agar tidak ada diskriminasi dalam pemberian bantuan kemanusiaan bagi Myanmar.

“Kita juga sepakat bahwa keselamatan dan kesejahteraan rakyat Myanmar terus menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, bantuan kemanusiaan perlu terus didorong dan diberikan tanpa diskriminasi,” ujarnya.

Dalam pertemuan, Presiden Jokowi juga menekankan mengenai pentingnya penguatan kelembagaan ASEAN agar lebih tangguh dan mampu merespons berbagai tantangan baru di masa mendatang.

“Indonesia dan Singapura memiliki kesamaan pandangan mengenai pentingnya memperkuat kesatuan, cara kerja, dan kelembagaan ASEAN, agar ASEAN siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” tandasnya. (rls)