Presiden Rusia Vladimir Putin Lakukan Isolasi Mandiri setelah Beberapa Rombongannya Positif COVID-19

By Nad

nusakini.com - Internasional - Presiden Rusia, Vladimir Putin sedang menjalani isolasi mandiri setelah beberapa orang dari ring satunya dinyatakan positif COVID-19, menurut Istana Kremlin pada hari Selasa (14/9).

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov mengatakan Putin telah mendapatkan hasil negatif terhadap virus corona dan kondisinya "sangat sehat".

Peskov memberitahu wartawan melalui panggilan pers bahwa "beberapa orang" dalam rombongan Putin terkena penyakit COVID-19 dan presiden mengambil tanggung jawab untuk tidak membahayakan rekannya yang lain. Peskov tidak menjelaskan siapa yang mendapatkan hasil positif dan ia mengaku tidak tahu apakah mereka sudah divaksinasi.

Selama pertemuan yang disiarkan televisi dengan pejabat pemerintah dan anggota partai Rusia Bersatu yang berkuasa, Putin mengatakan beberapa orang di "lingkaran terdalamnya" telah tertular virus, termasuk satu anggota staf yang bekerja sama dengannya pada Senin (13/9).

Pernyataan Kremlin mengatakan bahwa pertemuan yang dijadwalkan Putin untuk minggu yang sedang berlangsung sekarang ini akan dihadiri melalui konferensi video.

"Isolasi tidak secara langsung mempengaruhi pekerjaan Presiden. Tetapi tidak akan ada acara tatap muka untuk beberapa waktu," tambah Peskov.

Rusia adalah salah satu negara yang paling parah terkena dampak pandemi virus corona, mereka melaporkan jumlah kasus tertinggi kedelapan secara global. Pada hari Selasa, negara tersebut secara resmi telah mencatat lebih dari 7 juta kasus dan 190.000 kematian, menurut data Organisasi Kesehatan Dunia.