Presidensi G20 Indonesia Selenggarakan Pertemuan Sustainable Finance Working Group ke-3

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- Pertemuan Sustainable Finance Working Group ketiga (3rd SFWG) di bawah Kepresidenan G20 Indonesia telah diselenggarakan di Bali pada 14 – 15 Juni 2022. Pertemuan SFWG ketiga ini dipimpin oleh co-chairs SFWG yakni Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok dan dimoderatori oleh United Nations Development Programme (UNDP) selaku Sekretariat SFWG.

Pertemuan yang diselenggarakan secara hybrid dan dihadiri oleh Anggota G20, undangan, dan organisasi internasional tersebut, secara resmi dibuka oleh Direktur Kerja Sama Internasional Kepabeanan dan Cukai Kementerian Keuangan Anita Iskandar mewakili Presidensi G20 Indonesia.

“Kehadiran kita semua di sini hari ini menegaskan komitmen G20 untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan dan iklim, termasuk mendorong transisi menuju ekonomi rendah karbon yang tertib, adil, dan terjangkau,” ungkap Anita.

Sebagai kelanjutan dari seri pertemuan SFWG sebelumnya, dalam pertemuan ini para anggota bertemu kembali untuk membahas secara intensif perkembangan terkini dan studi kasus. Diantaranya yaitu diskusi pararel tentang model dukungan kebijakan pembiayaan dan investasi untuk mendukung transisi, mendorong komitmen lembaga keuangan dengan mengembangkan kerangka kerja yang mendukung transisi keuangan dan meningkatkan kredibilitas komitmen lembaga keuangan, perluasan instrumen keuangan berkelanjutan, dengan fokus pada peningkatan aksesibilitas dan keterjangkauan biaya, serta memantau perkembangan terkini Peta Jalan Keuangan Berkelanjutan G20.

Sebelum Pertemuan inti SFWG digelar, Presidensi G20 Indonesia menyelenggarakan Forum on International Policy Levers for Sustainable Investment. Hasil rangkaian Forum dan pertemuan SFWG ketiga tersebut akan menjadi masukan bagi Pertemuan ketiga Deputi Keuangan dan Bank Sentral dan Pertemuan ketiga Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20, yang akan dilaksanakan di Bali bulan depan.