Produk Halal Indonesia Cetak Transaksi USD 2,34 Juta di Taiwan

By Admin

nusakini.com-- Produk makanan dan minuman (mamin) halal asal Indonesia makin menarik perhatian dunia. Dalam pameran produk halal "Taiwan International Halal Expo" yang berlangsung  pada 22-25 Juni 2016 di TWTC Exhibition Centre, produk-produk Indonesia mampu mencetak transaksi hingga USD 2,34 juta. "Nilai pembelian ini menunjukkan produk halal Indonesia mampu bersaing di antara produk-produk halal dari belahan negara lainnya," tegas Kepala KDEI Taipei, Arief Fadillah di Taipei beberapa hari lalu usai akhir pameran. 

Menurutnya, produk mamin halal Indonesia banyak diminati pengunjung yang datang dari  berbagai negara. "Transaksi langsung selama pameran sebesar USD 1.178.234 dan kontak bisnis  yang harus ditindaklanjuti sebesar USD 1.158.031 terutama untuk produk biskuit Monde dan  wafer. Juga kopi dan bumbu dari CV. Karya Omega," katanya. 

Dikatakan Arief Fadillah, produk mamin Indonesia makin beragam yang diminati pengunjung.  Produk-produk PT. Tri Bahagia Pratama seperti jus manggis, madu pahit dan gravila leaf tea mendapatkan pembelian sebesar USD 462.900. Produk cornet beef dan Luncheon Chicken sebesar USD 345.000, produk Choco Spread dan choco powder sebesar USD 159.180 dari PT. Sekawan Karsa Mulia.

Sementara produk rice noodle and creckers dari PT Goldi Asi Pangan mendapatkan pembelian sebesar USD 119.000. Produk coco milk dan coco water dari PT. Pacific Coconut Utama sebesar USD 105.200. 

Sementara produk kopi luwak premium dan golden peaberry coffee terjual sebesar USD 152.100  (PT. Domba Bali Persada), produk VCO, coco soap, moisturizer oil sebesar USD 115.000 (PT.  Nucifera Alam Indonesia), produk Dendeng batokok sebesar USD 12.104 (PT. Mikro Integrasi), serta produk cassava chip sebesar USD 12.750 (CV. Saung Karuhun Berkah). 

"Produk kosmetik juga mendapat transaksi. Poduk dari CV Sekawan Kosmetik seperti body lotion,  fruit soap dan Fanire Hygine menuai transaksi sebesar USD 15.000," ujar Arief. 

Menurutnya, produk halal Indonesia kini memasuki pasar potensial, terutama di wilayah Asia  Pasifik. Lebih dari setengah populasi muslim berpusat di Asia, terutama di Indonesia, Turki, dan  Malaysia. "Taiwan dianggap menjadi hub penting untuk Asia Pasifik dalam mempromosikan produk halal," katanya. 

Pameran Taiwan International Halal Expo merupakan salah satu pameran bertaraf internasional  dengan variasi produk yang memiliki sertifikat halal mulai dari produk makanan, minuman kesehatan, bioteknologi, farmasi, dan kosmetik. Pameran ini diselenggarakan setiap tahun, bersamaan dengan pameran Food Taipei, Foodtech & Pharmatech Taipei, Taipei Pack, dan Taiwan. (p/ab)