Produk Kopi, Teh dan Cokelat Indonesia menjadi Primadona COTECA 2016

By Admin

nusakini.com--Sebagai upaya untuk mempertajam eksistensi komoditas ekspor unggulan Indonesia di wilayah Eropa, Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bekerja sama dengan Atase Perdagangan KBRI Berlin, KJRI Hamburg dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg berpartisipasi dan memfasilitasi 12 produsen komoditas produk kopi, teh dan cokelat Indonesia dalam salah satu pameran komoditas terbesar di dunia bernama Coffee, Tea and Cocoa (COTECA) 2016. Pameran 2 tahunan yang bersifat business-to-business exhibition tersebut berlangsung pada tanggal 7 – 9 September 2016 di CCH – Congress Center Hamburg. 

Konsul Jenderal RI Hamburg, Sylvia Arifin, secara simbolik telah meresmikan beroperasinya stand Indonesia pada pameran COTECA 2016 yang berlokasi di Hall H Stand 106. Dalam sambutan singkatnya, Konsul Jenderal RI Hamburg berharap agar kepesertaan Indonesia pada salah satu pameran komoditas terbesar di dunia tersebut dapat kembali memperkokoh posisi Indonesia sebagai pemain utama pada 3 produk komoditas tersebut, tidak hanya di wilayah Jerman, namun juga di wilayah Eropa secara keseluruhan.

Selain untuk memperbesar pangsa pasar 3 komoditas ekspor unggulan Indonesia di wilayah Eropa, diharapkan 12 co-exhibitors Indonesia juga dapat melihat perkembangan terkini trend selera pasar Eropa yang sedang berkembang, khususnya untuk segmen retail produk turunan kopi, teh dan cokelat agar para produsen Indonesia dapat melakukan berbagai inovasi di tahapan hulu produksi komoditas dimaksud. 

Kepesertaan Indonesia dalam pameran COTECA tahun ini merupakan yang ke-4 kalinya secara berturut-turut sejak tahun 2010. Selama 3 hari pelaksanaan pameran COTECA 2016, stand Indonesia diwakili oleh produsen perwakilan dari 3 komoditas utama yang menjadi tema utama pameran tersebut, yaitu Sattu Coffee, Java Frinsa Estate, Kings Luxury Coffee, Harendong Organic Tea, Indo Tati's House of Indonesia, Javara Indigenous Indonesia, Global Sumatera Lestari, San Java, Bukit Sari Tea Plantation, Sumatera Toba Wangi, Infinti Surya Jaya, dan Tiga Satria Perkasa. 

Secara khusus dalam COTECA 2016, Indonesia akan menampilkan 10 Produk Speciality Coffee yaitu Kopi Kintamani Bali, Kopi Arabica Java Ijen Raung, Arabica Gayo, Arabica Flores Bajawa, Arabica Toraja, Arabica Java Preanger, Robusta Lampung, Arabica Kalosi Enrekang, dan Arabica Sumatra Simalungun.

Selama pameran, guna menarik minat pengunjung dan potential buyers, Indonesia juga mengadakan cupping coffee session setiap hari selama pameran pada jam 10.30 — 11.30 dan 13.30 — 14.30 dengan dibantu oleh barista dari Jerman. (p/ab)