Promosi Investasi Pariwisata Kabupaten Sleman di Osaka

By Admin

nusakini.com--Wakil Bupati Sleman, Yogyakarta, Sri Muslimatun, didampingi Kepala Badan Penanaman Modal Daerah (BPMD) dan staf berkunjung ke Osaka, 28-30 September 2016, dalam rangka melakukan forum bisnis dengan pengusaha Jepang di KJRI Osaka, 29 Setember 2016. Wabup Sleman selaku narasumber mempromosikan potensi investasi pariwisata Sleman, antara lain di bidang agrobisnis, agrowisata, agroadventure dan wisata edukasi, serta pembibitan ikan dan bunga hias. Kegiatan yang difasilitasi KJRI Osaka ini dihadiri 24 pengusaha di bidang properti, tour travel, ikan dan bunga hias, serta asosiasi bisnis terkait. 

Dalam sambutan singkatnya, Konjen RI di Osaka, Wisnu E. Pratignyo menyampaikan kepada pengusaha Jepang bahwa forum kali ini lebih fokus pada beberapa bidang kerjasama saja, yang memang sedang dikembangkan di Kabupaten Sleman, sehingga kiranya dapat dimanfaatkan. 

Sedangkan Wabup Sleman menjelaskan potensi investasi di beberapa wilayahnya, serta menjelaskan perkiraan biaya investasi dan sewa lahan hingga 20 tahun antara Rp. 4-10 milyar (bergantung jenis usaha), yang proses perizinannya difasilitasi penuh oleh BPMD. Dijelaskan pula oleh Kepala BPMD bahwa saat ini belasan pengusaa Jepang telah berinvestasi di Sleman, antara lain di bidang garmen, sarung tangan golf, diklat bahasa Jepang, biro travel, pembenihan buah dan sayur, perkebunan bunga krisan. (p/ab)