Puncak Arus Mudik Kereta Api 28 April, Tiket Ludes 96 Persen

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta- PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan puncak mudik Lebaran 2022 dalam penggunaan jasa transportasi kereta api akan terjadi pada 28 April 2022.

Proyeksi puncak mudik ini berdasarkan angka pemesanan tiket kereta pada tanggal tersebut yang dikatakan telah terjual sekitar 96 persen.

"Peak-nya itu di tanggal 27, 28, 29 April, sampai tangga 1 Mei. Tertingginya 96 persen di tanggal 28 April," kata Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (23/4).

Sementara hari ini Eva menilai jumlah penumpang yang hendak mudik sudah mulai mengalami peningkatan.

Untuk hari ini ada sekitar 11 ribu penumpang berangkat dari Pasar Senen dan okupansinya sekitar 60 persen dari ketersediaan tempat duduk.

Kemudian pemberangkatan dari Stasiun Gambir sebanyak 6.000 orang atau sebesar 39 persen. Sedangkan rute yang menjadi favorit antaranya Jakarta - Yogyakarta pp, Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Bandung pp, dan Jakarta - Semarang pp.

Secara umum sampai 23 April, untuk periode keberangkatan 22 April sampai 13 Mei, KAI telah menjual 1.371.081 tiket atau 53 persen dari total kapasitas tempat duduk kereta api jarak jauh.

"Jadi dilihat keseluruhan sebenarnya untuk h-10 sampai h-8 itu belum peningkatan signifikan. Dari data baru terlihat h-7 ke atas ada peninhkatan lebih lagi," ucap dia.

Sementara itu, Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo memastikan pihaknya mengantisipasi lonjakan pemudik dengan meningkatkan kereta tambahan setiap harinya.

Didiek menyebut rata-rata penambahan jumlah armada kereta api mencapai enam kereta per hari. Didiek bilang jumlah itu bertambah sebab semula KAI hanya menyediakan 35 kereta untuk beroperasi tiap hari pada periode mudik.

"Semula ada 35 kereta setiap hari. Sekarang tambah 6 lagi. Jadi total 92 kereta tambahan (sepanjang arus mudik-balik)," kata Didiek di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (23/4).

Terpisah, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan KAI mengajak masyarakat segera mudik menggunakan kereta api untuk mengurangi kepadatan menjelang hari Lebaran.

"KAI mengajak masyarakat untuk dapat segera mudik dengan kereta api karena jumlah tiket untuk mudik awal masih cukup tersedia," kata Joni. (CNN)