Ramayana Indonesia Meriahkan Hari Jadi Negara Bagian Chhattisgarh, India

By Admin

nusakini.com-- Negara Bagian Chhattisgarh merayakan hari jadi yang ke 16 melalui pameran budaya akbar bertema 16th Foundation Day Festival “Rajyotsav” yang dikemas dengan berbagai penampilan seni dan budaya khususnya yang terkait dengan kisah epik Ramayana oleh artis dalam maupun luar India. Festival ini diselenggarakan oleh Directorate of Culture & Archaeology, Govt. Chhattisgarh dan dibuka secara resmi oleh PM Narendra Modi. 

Indonesia diwakili Sanggar Tari & Tabuh Bali Semara Ratih, Bali yang berjumlah 27 artis mendapat kesempatan untuk mementaskan kesenian Bali berupa seni tari dan Tabuh Gong Samaradana “Semara Ratih” Ubud, Bali. Ramayana dari Indonesia cukup terkenal oleh masyarakat India. Penampilan yang khas dengan kostum menarik menambah keterpaduan antara keindahan seni dan kisah epik yang penting Hinduisme di India. 

16th Foundation Day Festival “Rajyotsav” merupakan perayaan hari jadi Negara Bagian Chhattisgarh, yang sebelumnya masih menjadi bagian dari Negara Bagian Madhya Pradesh (MP). Chhattisgarh resmi menjadi salah satu negara bagian India pada tanggal 1 November 2000 dan Raipur ditetapkan menjadi Ibu kota dengan jumlah populasi sekitar 28 juta jiwa dan menjadi negara bagian dengan jumlah penduduk terbesar ke-17 di India. 

Koordinator Sosbud yang hadir mewakili Duta Besar RI, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya oleh etnis, seni dan budaya, serta keindahan alam yang tersebar di 17.000 pulau dan menjadi kontribusi penting terhadap pertumbuhuan sektor pariwisata. Indonesia dan India telah memiliki hubungan kerjasama sejak berabad silam. Peninggalan arsitektur seperti Candi di Muaro Jambi yang memiliki kesamaan dengan bangunan kuno Nalanda University di bihar merefleksikan betapa eratnya hubungan budaya kedua negara. 

Diundangnya Indonesia pada kegiatan tersebut merupakan momentum yang strategis untuk meningkatkan hubungan kerjasama kedua negara, khususnya bidang kebudayaan dan pariwisata, sebagai tindak lanjut dari kesepakatan Cultural Exchange Programme (CEP) antara Indonesia dan India. Melihat besarnya potensi budaya dan pariwisata kedua negara, maka akan sangat baik kiranya jika pihak-pihak terkait dapat memberikan perhatian lebih dalam mengeksplorasi peluang-peluang kerjasama secara lebih intensif, sehingga dapat memberikan mutual benefit dan meningkatkan interaksi di berbagai sektor kerjasama. 

Penampilan Indonesia mendapat apresiasi dan sambutan meriah dari para pengunjung dan berharap berikutnya Indonesia dapat kembali tampil menjadi bagian dari Foundation Day Festival “Rajyotsav” di tahun 2017.​(p/ab)