Resmikan Narotama Podcast Studio, Arumi : Podcast Jadi Alternatif Sarana Transfer Ilmu dan Informasi

By Abdi Satria


nusakini.com-Surabaya- Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Elestianto Dardak berkesempatan meresmikan Narotama Podcast Studio. Peresmian ruang berkarya bagi para mahasiswa Narotama tersebut dilaksanakan di Gedung Belakang Universitas Narotama, Surabaya, Sabtu (8/8). 

Istri Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak itu pun menyampaikan, podcast studio milik Universitas Narotama itu menjadi alternatif yang dapat dimanfaatkan untuk kegiatan transfer ilmu pengetahuan, termasuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Apalagi saat ini, aspek pendidikan menjadi salah satu sektor yang harus beradaptasi dengan situasi sekarang. Para guru dan murid, dosen dan mahasiswa dituntut tetap melangsungkan KBM. 

"Kalau ilmu yang bermanfaat dan ilmu yang berbobot dikemas dalam sentuhan yang berbeda atau sentuhan yang lebih ringan kesannya jadi lebih ringan tanpa mengurangi bobot dari ilmunya itu dan salah satunya adalah dengan seperti ini (Podcast,red)," ujar Arumi Bachsin Emil Dardak. 

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, dalam masa pandemi seperti saat ini dibutuhkan inovasi dan adaptasi di berbagai sektor. Semuanya harus tetap berjalan meskipun dalam kondisi sulit. Sehingga, siapapun yang dapat beradaptasi dengan baik maka dipastikan akan dapat bertahan. 

"Siapa yang bisa beradaptasi, dia yang bisa bertahan, salah satunya adalah betul-betul bisa memanfaatkan fasilitas yang sudah ada yang kita sebut dengan digital. Digital ini adalah sebuah platform yang bisa mereach lebih banyak lagi orang tanpa harus tatap muka," katanya. 

"Konsep seperti inilah yang saya pikir sangat bagus, bisa diterapkan di universitas-universitas karena pada dasarnya ilmu yang ada di universitas begitu penting yang harapannya bisa dideliver ke banyak orang dengan platform yang bagus," imbuhnya. 

Arumi menegaskan, apapun keadaan yang dihadapi tidak boleh membuat semua patah semangat, patah harapan, bahkan patah cita-cita. Oleh sebab itu, kemampuan adaptasi dan inovasi benar-benar dibutuhkan. 

"Apapun yang kita alami sekarang jangan memperlambat atau mencegah kita untuk mengejar cita-cita," tegasnya. 

Arumi Bachsin yang juga Ketua Perwosi Jatim ini menambahkan, melalui sarana Podcast yang saat ini digemari dapat memberikan manfaat bagi banyak orang. Salah satunya mendapatkan ilmu pengetahuan dan informasi tanpa harus dengan suasana yang formal dan kaku.   

"Dapat kita lihat dari sebuah sarana atau dalam podcast-podcast itu bisa betul-betul memberikan banyak sekali manfaat, yang pertama mungkin manfaat entertainment, yang kedua manfaat ilmu pengetahuan. Ini yang sangat penting," jelasnya. 

Dirinya berpesan, semua pihak mampu mengambil hikmah di masa pandemi yang saat ini sedang terjadi. Semua yang terjadi pasti membawa pelajaran berharga dan hikmah kehidupan yang nantinya dapat dijadikan acuan melangkah menuju masa depan yang lebih baik. 

"Kita kurang lebih sudah empat atau lima bulan kita digembleng sama Corona ini, yang mau tidak mau membuat kita beradaptasi, jangan sia-siakan empat atau lima bulan yang sudah berlalu ini kita lewati begitu saja, tanpa memetik hikmah dan pelajaran yang bisa kita manfaatkan untuk dikemudian hari," pungkas Arumi. 

Sementara itu, peresmian Studio Podcast milik Universitas Narotama itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP.PKK Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak didampingi Presiden Universitas Narotama Iswachyu Dhaniarti dan Rektor Universitas Narotama Sri Wiwoho Mudjanarko. (p/ab)