Sambut Lebaran, Jokowi Instruksikan 6 Hal Kepada Kepala Daerah

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam keterangan resmi, di Jakarta Senin (2/5/2016) menyampaikan, ada enam poin instruksi kepada kepala daerah di semua wilayah Indonesia untuk mempersiapkan segala kebutuhan Hari Raya Idul Fitri. Hal tersebut disampaikan lewat radiogram kepada seluruh pemerintah daerah. 

Ia mengatakan instruksi itu merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo dalam rangka antisipasi dan persiapan seawal mungkin menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Adapun instruksi tersebut adalah : 

1) Meminta kepala daerah meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan Forkompimda diantaranya, Kepolisian, TNI, Kejaksaan & instansi terkait lainnya dalam rangka pengamanan dan koordinasi arus mudik dan persiapan Hari Raya. 

2) Meminta Kepala Daerah agar pengamanan dapat dilakukan di lokasi-lokasi mudik seperti Terminal bus, stasiun kereta api, Bandara, pasar-pasar, tempat Hiburan dan pusat-pusat arus mudik lainnya. 

3) Meminta Kepala Daerah mendirikan pos-pos keamanan dan kesehatan yang secara terpadu berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait terutama di kawasan atau jalur padat arus mudik. 

4) Meminta Kepala Daerah terus memantau ketersedian kebutuhan bahan pokok, khususnya sembilan bahan pokok (sembako) di semua pasar dan tempat penjualan di daerah. 

5) Meminta Kepala Daerah memantau ketersedian suplai bahan bakar di setiap SPBU, khususnya di jalur padat arus mudik harus diprioritaskan. 

6) Meminta Kepala Daerah mengoptimalkan Dinas di daerah untuk berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya serta melaporkan apabila terjadi hal-hal yang perlu dicermati setiap gelagar dinamika yang berkembang di daerah.(if/mk)