Satgas Pangan: Stabilitas Harga Pangan Terjaga Karena Ketersediaan Stok Cukup

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Distribusi bahan pangan masih berada dalam kadar normal. Hal ini disampaikan Ketua Satgas Pangan Inspektur Jenderal Polisi Setyo Wasisto terkait kondisi harga pangan selama Ramadan dan jelang lebaran. Menurutnya, harga komoditas mmang fluktuatif karena ini dipengaruhi oleh faktor jarak tempuh pasar dengan daerah produsen juga turut memengaruhi harga jual.

Setyo mengungkapkan tidak semua bahan pangan pokok mengalami kenaikan harga. "Di beberapa daerah, (harganya) naik namun masih dalam kondisi wajar,” ujar Setyo, Minggu (27/5/2018)

Satgas Pangan terus berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian, KPPU, dan stakeholder lainnya untuk memastikan ketersediaan stok bahan pokok tetap aman. Sementara, tugas pokok Satgas Pangan adalah pengawasan di rantai distribusi.

Setyo menilai, stabilitas harga pangan terjaga apabila ketersediaan stok tetap terpenuhi. Dengan demikian perlu peningkatan kerja sama antar kementerian/lembaga terkait untuk menjaga ketersediaan stok pangan tersebut.

"Tapi harga pangan tidak mungkin bisa stabil bila stok tidak tersedia, Oleh sebab itu perlunya kerja sama antar kementerian lembaga," kata Setyo. (b/ma)