nusakini.com - Sayuran berwarna hijau bukan hanya warnanya yang membuat mata segar melihatnya, namun ternyata hijaunya daun kaya akan vitamin dan nurisi Yang baik buat tubuh.

Disamping memiliki serat yang tinggi, semakin pekat warna hijaunya sayur dan buah ternyata kandungan vitamin dan mineralnya semakin banyak pula.

Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada sayuran berwarna hijau :

Zat besi, sayuran hijau kaya akan zat besi yang merupakan komponen penting untuk pembentukan HB juga baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Protein, disamping sebagai sumber energi, sayuran hijau berguna untuk membantu pembentukan hormon, enzim serta hemoglobin, pembentukan antibody, memelihara pH tubuh.

Vitamin C, sayuran yang memiliki warna hijau lebih gelap atau pekat kandungan vitamin C nya tinggi, dan bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Vitamin K, Sayuran hijau kaya akan vitamin K yang berfungsi untuk mengatur pembekuan darah pada saat mengalami luka.

Nitrat, seperti pada sayur bayam mengandung nitrat yang dapat meningkatkan efisiensi mitokondria dalam otot agar proses untuk menghasilkan energi pada tubuh menjadi lebih efisien.

Kalsium, sayuran hijau memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat mencegah osteoporosis, membantu mencegah pengeroposan tulang serta mempertahankan metabolisme tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anda sehari hari, maka konsumsilah sayuran hijau secukupnya pada menu makan anda.(sr)