Sikat PSM Makassar, Kemarau Kemenangan Borneo FC Berakhir

By ommed


nusakini.com - Borneo FC akhirnya berhasil meraih kemenangan kedua di Liga 1 2021/22 setelah mengalahkan PSM Makassar dengan skor 2-1 di Stadion Manahan Solo, Jumat (22/10) malam WIB, dalam pertandingan pekan kedelapan.

Sempat mengawali musim dengan kemenangan 3-1 atas Persebaya Surabaya, Borneo FC selanjutnya mendapatkan empat imbang dan dua kekalahan yang membuat mereka berada di papan bawah.

Namun tambahan tiga angka ini mengangkat posisi Borneo FC ke peringkat 11 klasemen sementara setelah mengumpulkan sepuluh poin. Sedangkan PSM turun satu tangga ke posisi enam dengan nilai 12.


Borneo FC mengambil inisiatif menyerang lebih dulu demi menghentikan paceklik kemenangan di enam laga sebelumnya. Permainan agresif Borneo FC ini membuat barisan belakang PSM harus bekerja keras menghalau bola.

Kendati demikian, tidak banyak peluang membahayakan yang diperoleh Borneo FC. Ancaman diberikan Jonathan Bustos ketika menyambut bola muntah pada menit ke-28, tapi sepakannya masih bisa digagalkan kiper Hilman Syah.

Permainan agresif Borneo membuat pertahanan mereka lengah, sehingga dapat dimanfaatkan PSM untuk mengungguli lawannya pada menit ke-29. Umpan Ilham Udin Armaiyn dari sisi kiri serangan disambut sontekan Yakob Sayuri untuk menaklukkan Gianluca Pandeynyuwu.

Kecolongan gol dari PSM membuat Borneo FC meningkatkan intensitas serangan mereka. Kendati demikian, upaya itu tidak membuahkan hasil, karena lini belakang PSM tampil cukup disiplin, sehingga babak pertama ditutup dengan keunggulan Juku Eja 1-0.

Borneo FC memperbaiki performa mereka di babak kedua demi menyamakan kedudukan. Sebaliknya, PSM tidak mengubah permainan. Permainan agresif Borneo FC ini membuat lini belakang PSM mendapat tekanan bertubi-tubi.


Tim besutan Hristo Vidakovic itu mendapatkan peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-51. Sayangnya, sepakan Terens Puhiri yang berdiri bebas masih menyamping, walau sontekannya telah menipu Hilman Syah.

Upaya Borneo FC untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil selang empat menit kemudian. Umpan tarim Terens diselesaikan Bustos dengan tendangan kaki kanan yang tak bisa ditangkap kiper dengan sempurna.

Gol ini melecut motivasi pemain Borneo FC. Sebaliknya, PSM yang merasa kecolongan menaikkan tempo permainan supaya bisa mengungguli lawannya. Meski medapatkan beberapa peluang, kedua tim belum mampu mengubah papan skor.

Kubu Borneo FC pun kembali bersorak kegirangan setelah mereka membalikkan keadaan di menit ke-67. Umpan silang Marckho Sandi Merauje dari sisi kanan serangan disundul Fransisco Torres. Hilman Syah sempat menyangka bola menyamping, tapi malah mengenai tiang kanan, dan membuat si kulit bundar masuk ke dalam gawang.

Kedua tim selanjutnya saling balas serangan untuk mengubah kedudukan. PSM yang berusaha menyamakan skor tampil lebih agresif. Kendati demikian, kedudukan 2-1 untuk Borneo FC tidak mengalami perubahan hingga laga berakhir. (gi/om)