nusakini.com-- Sinergi dua kementerian kembali ditunjukkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Amran Sulaiman. Kedua menteri blusukan ke pasar Tanah Tinggi Tangerang, Senin (22/8) malam untuk memastikan pasokan cabai dan bawang merah. 

Kedua menteri itu bertindak cepat untuk menjaga stabilisasi harga. “Kami melihat harga cabai dan bawang merah mulai naik. Sementara pasokan saat ini normal.  Tidak ada kekurangan berarti karena produksi juga cukup karena terjadi panen di sentra bawang merah dan cabai,” tegas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Pasar Tanah Tinggi 

Tangerang, Senin (22/8).

Mendag dan Mentan Mengaku harus terjun langsung ke pasar induk ini untuk memastikan harga  cabai dan bawang merah tetap stabil. “Produsen harus tetap mendapatkan keuntungan dan  konsumen membeli dengan harga terjangkau,” tegasnya. 

Menurut pantauan Kemendag, harga cabai naik 7%-12% dibanding bulan lalu. Cabai rawit merah  kini Rp 46 ribu. Sementara harga cabai keriting sudah Rp 36 ribu. Harga bawang merah saat ini Rp  42 ribu, belum turun dari target pemerintah di kisaran Rp 35 ribu per kilogram. Kalau melihat kondisi panen yang terjadi, harapannya di bulan depan harga akan segera turun. 

“Kami ingin mengecek kondisi pasokan di hilir, di pasar Tanah Tinggi ini, secara lebih riil. Di hulu,  kami telah coba pantau kondisinya, sehingga kami ke depan mencoba menemukan masalah harga  cabai dan bawang merah ini,” tuturnya. 

Pasokan cabai rata-rata di Pasar Induk Kramat Jati per hari sekitar 150 ton hingga 200 ton,  sebetulnya sudah di atas rata-rata pasokan normal. Memang sempat terjadi penurunan pasokan  dan terealissi sekitar 105 ton per hari. Pasokan bawang merah juga sama, sempat turun dari rata - rata 85- 90 ton per hari, sekarang 78 ton per hari. 

“Kami harus mengetahui pasokan cabai dan bawang merah di Pasar Tanah Tinggi ini, apakah  memang turun atau tetap stabil,” tandasnya. 

Enggartiasto akan terus mengawal harga pangan masyarakat dalam kondisi stabil, tidak terlalu  tinggi agar tetap terjangkau oleh masyarakat. Apalagi masalah stabilisasi harga ini merupakan  mandat Presiden Jokowi yang harus dijalankan. 

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan saat ini sudah mulai masuk panen  bawang merah. “Seharusnya tidak ada kekurangan pasokan. Harga bawang merah dan cabai tidak  akan naik terlalu tinggi,” ujarnya. (p/ab)