Siswi SMP Islam Athirah Bone Jadi Delegasi Indonesia di Forum Internasional

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Bone--SMP Islam Athirah Bone patut berbangga, pasalnya salah satu siswanya berhasil menjadi delegasi Indonesia dalam kegiatan Changemaker Youth Execursion 2023 yang berlangsung pada tanggal 20 – 23 Maret 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Adalah Andi Faizah Fathin Amaluddin, siswi kelas VIII ini adalah sosok yang mencatatkan dirinya sebagai siswa yang kesekian kali menorehkan prestasi level internasional di SMP-SMA Islam Athirah Bone. Gadis yang baru menginjak usia 15 tahun pada Oktober tahun ini menjadi satu dari 15 remaja yang menjadi delegasi indonesia di forum pemuda internasional tersebut. 

Fafa begitu ia kerap disapa, mendapatkan kabar membanggakan tersebut pada hari Jumat (17/2). Putri pasangan dr.Hj.Andi Nurhidayah Yusuf dan Ir. Andi Amaluddin Matotoran tersebut dinyatakan lulus seleksi sebagai duta Indonesia setelah berhasil melewati beberapa tahapan ujian, dan akhirnya di tes esai yang merupakan final test, ia dinyatakan bersyarat dan layak menjadi delegasi Indonesia di Negeri Jiran.

Saat diwawancarai tentang agenda apa saja yang akan dilakukan di Malaysia, Cewek yang tercatat sebagai Jawara Debat SeSulselbar pada kompetisi debat SMP di Parepare itu menyampaikan bahwa nanti di sana akan ada beberapa agenda, seperti FGD pemuda se Asia Tenggara, kemudian presentasi kebudayaan bangsa-bangsa Asia, serta pidato tentang tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut, yaitu perubahan generasi muda di era 5.0

Saat ditanya tentang harapannya ke depan, dara penyuka soto ayam itu menyampaikan bahwa ia berharap dapat banyak manfaat dan bisa menyebarkan berbagai hal positif pada orang-orang nantinya. Selain itu, ia juga ingin mengajak seluruh pemuda Indonesia untuk sadar bahwa tugas pemuda itu bukan untuk berhasil, tetapi tugasnya adalah untuk mencoba, karena apabila pemuda berani mencoba maka ia akan menemukan kesempatan untuk berhasil.

“Harapan saya terhadap even ini adalah semoga saya mendapatkan banyak manfaat dan dapat menyebarkan manfaat ke orang-orang sekitar. Pada kesempatan tersebut juga saya mau mengajak para pemuda, bahwa tugas kita bukanlah untuk berhasil, tetapi tugas kita adalah untuk mencoba karena apabila kita berani mencoba maka kita akan menemukan kesempatan untuk berhasil, tetapi kalau tidak, kita tidak akan pernah tau kita bisa atau tidak,” ungkapnya penuh semangat.(rilis/rajendra)