nusakini.com-Makasssar- Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMTK FT-UH) menggelar kegiatan COASTAL (Clean Our Ocean and Save Enviromental) 2021 di Pesisir Pokko Kabupaten Takalar Sulawesi Selatan, Senin (25/1). Kegiatan ini merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat dalam upaya meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap permasalahan yang ada di masyarakat. Serta dalam rangka meningkatkan bobot Pendidikan serta mendapatkan nilai tambah bagi para mahasiswa.

Kegiatan COASTAL berupa penanaman bibit mangrove, sosialisasi tentang pentingnya tanaman Bakau dan aksi bersih di wilayah pesisir pantai. Menurut Syahrul Mubarakh Koordinator Divisi Bidang Keilmuan HMTK FT-UH, kegiatan ini dilakukan karena selama ini pengetahuan masyarakat pulau terhadap pentingnya tanaman mangrove di daerah pesisir masih kurang. 

"Khususnya pada wilayah pulau-pulau kecil merupakan masalah yang perlu mendapat perhatian khusus dan perlu ditinjau lebih dalam. Dari permasalahan yang ada maka diperlukan suatu solusi dalam membantu penyuluhan dan penanaman mangrove untuk wilayah pesisir pantai Pokko dan diadakannya juga kegiatan ABRASI (Aksi Bersih daerah Pesisir)," ujar Syahrul.


Syahrul menambahkan, kegiatan ini diharapkan mampu mengurangi permasalahan yang ada serta dapat memberikan dampak positif dalam menambah pengetahuan masyarakat pesisir. "Ke depan, kami berharap tercipta lingkungan yang bersih dan masyarakat sehat. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Mahasiswa dan Civitas Akademik Teknik Kelautan FT-UH terhadap masyarakat ," papar Syahrul. (rls)