SRI Gelar Acara Jalan Sehat, 1 Juta Relawan Penuhi Lapangan Karebosi -Gubernur dan wagub 20 lebih, 200-an bupati dan wakil hadir

By Admin


nusakini.com - Makassar - Masyarakat yang tergabung dalam Sahabat Rakyat Indonesia (SRI) besutan Andi Amran Sulaiman yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertanian tumpah ruah memenuhi Lapangan Karebosi hingga meluber ke jalan Sudirman dan Ahmad Yani.

Mereka menikmati acara Jalan Sehat Bersama Jokowi Untuk Asian Games yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Iriana Widodo Minggu (29/7) pagi.

Dari pantauan diketahui setidaknya satu juta relawan SRI memenuhi Jalan Ahmad Yani dan Sudirman Makassar. Tak hanya itu ratusan pejabat juga hadir di lokasi, diantaranya Gubernur Jawa Timur Terpilih Khofifah, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sulawesi Selatan Terpilih Nurdin Abdullah dan Wakilnya Andi Sudirman Sulaiman, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Menteri Sosial, 17 Gubernur se-Indonesia Timur dan 200 Bupati dan Walikota se-Indonesia Timur.

"Ini presiden yang luar biasa. Selama 3,5 tahun sudah 10 kali kunjungi Makassar," ujar Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman dalam sambutannya.

Amran yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat SRI ini mengatakan bila kehadiran Jokowi hari ini adalah kehormatan bagi warga Makassar. SRI adalah relawan Jokowi yang dibentuk oleh Amran dan sudah berdiri di 34 provinsi di Tanah Air.

“Terima kasih Pak Jokowi, ini kehormatan bagi masyarakat khususnya Indonesia Timur,” kata Amran yang langsung disambut tepuk tangan oleh masyarakat.

Tak hanya mampu menurunkan angka kemiskinan, lanjut Amran, banyak prestasi yang tertoreh di era Jokowi terutama di sektor pertanian. Dimana diketahui jumlah ekspor meningkat hingga 24 persen dengan nilai mencapai 240 triliun. Untuk mendorong pertanian di Sulawesi Selatan pemerintah menggelontorkan dana sebanyak 3 triliun untuk membangun bendungan.

Mendapat sambutan sebanyak itu, Jokowi mengimbau agar masyarakat yang tinggal di kawasan Timur Indonesia mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa terutama di era pilkada semacam ini. 

“Aset besar bangsa kita ini persatuan, kerukunan dan persaudaraan. Saya titip setelah pilkada di 187 wilayah, sekali lagi saya titip jangan sampai karena pilihan bupati dan gubernur kita retak. Tidak boleh,” pinta Jokowi.

“Untuk masyarakat yang tinggal di Jakarta, Sulawesi mari kita jaga bersama-sama aset besar bangsa Indonesia untuk persatuan dan persaudaraan,” tutup.

Sementara itu, Ketua Umum Sahabat Rakyat Indonesia SukriAnsyah S Latief mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Makassar dan Sulsel yang telah ikut berpartisipasi dalam jalan sehat ini. “Ini membuktikan bahwa magnet Bapak Presiden Jokowi sangat kuat di Makassar dan Kawasan Indonesia Timur,” tutup Sukriansyah. (pr/eg)