Sri Rezky Amalia Terpilih Jadi Duta Peduli Sampah SMAN 3 Makassar

By Admin

nusakini.com--Sri Rezky Amalia, siswi kelas XI IPA-1 terpilih sebagai Duta Peduli Sampah Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Makasssar. Pemilihan ini merupakan rangkaian penutupan Porseni 2016 SMAN 3 yang menetapkan kelas XI IPA-7 sebagai juara umum. 

Sebagai Duta Peduli Sampah di sekolahnya, Sri akan bertugas secara aktif memberi edukasi terkait keberhasilan kepada rekan-rekannya. Tidak hanya itu, Sri juga akan berkunjung ke sejumlah sekolah yang juga ingin menjalankan program sama dengan yang dilakukan SMAN 3. "Untuk menambah pengetahuan personal Sri, kami akan mengirim dia ke Surabaya untuk mempelajari tata kelola sampah di Surabaya yang dikenal dengan kebersihannya," ujar Mirdan Midding, Kepala Sekolah SMAN 3 Makassar.

Mirdan mengungkapkan, sebagai proyek percontohan tata kelola sampah di sekolah, pihaknya sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah instansi dan perusahaan di Makassar. Salah satu diantaranya Bank Sulselbar. "Kami berharap ada follow up yang positif karena tujuannya juga baik," jelas Mirdan.

Sri sendiri mengaku bangga dipercaya sebagai duta peduli sampah di sekolah. "Saya akan berusaha keras menjalankan tugas saya selama setahun penuh. Terima kasih buat rekan-rekan dan guru yang telah memilih saya," katanya.


Dilain pihak, Mirdan juga membeberkan sejumlah program sekolahnya dalam waktu dekat. Diantaranya, siswa akan dilibatkan pada penerimaan siswa tahun ajaran baru. "Tujuannya agar mereka bisa belajar dan menyaksikan sendiri proses penerimaan siswa baru. Kami berharap siswa bersikap kritis dan melaporkan bila ada pelanggaraan," tegas Mirdan.

Mulai tahun ajaran baru nanti, Mirda menganjurkan anak didiknya memakai sepeda sebagai alat transportasi ke sekolah. "Selain ramah lingkungan, bersepeda ke sekolah adalah olahraga yang membuat siswa lebih sehat. Kami akan menyediakan tempat khusus buat sepeda yang dijamin keamanannya oleh pihak sekolah," jelas Mirdan. (ab)