Sylviana Murni Apresiasi Pelatihan Kolaborasi Disnakertrans dan Energi - Baznas Bazis DKI

By Abdi Satria


nusakini.com-Jakarta-Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta, Sylviana Murni menyambut baik dan mengapresiasi pelaksanaan Pelatihan Kolaborasi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Disnkertrans dan Energi) dengan Baznas Bazis DKI Jakarta yang dimulai sejak 8 Juli hingga 19 Agustus 2020.

Sylvi menilai, pelatihan keterampilan yang diperuntukan bagi warga prasejahtera berusia produktif agar bisa diterima pasar kerja dan berwirausaha ini sebagai langkah yang tepat. Terlebih, masalah ketenagakerjaan merupakan salah satu dampak dari pandemi COVID-19. Kondisi ini berujung pada meningkatnya angka pengangguran.

"Menurut saya ini ide kreatif dan inovatif dari seluruh jajaran Disnakertrans dan Energi bersama Baznas Bazis DKI Jakarta. Dan dalam kondisi pandemi seperti ini pelatihan yang menerapkan protokol kesehatan ini sebuah langkah yang ditunggu oleh masyarakat," ujar Sylvi saat menghadiri pembukaan Pelatihan Kolaborasi di Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Timur, Rabu (12/8). 

Dia mengaku, dirinya sengaja hadir untuk memantau langsung pelaksanaan pelatihan yang dikhususkan untuk Kejuruan Tata Graha dan Teknik Pendingin. Menurutnya, pelatihan ini sesuai kebutuhan masyarakat dan tepat sasaran. 

"Benar-benar tepat sasaran bagi warga yang membutuhkan dan saya lihat ini anak muda semua. Jadi betul sesuai harapan kita. Saya Merekomendasi ini untuk seterusnya, bukan hanya di PPKD saja tapi di Lapas juga dilakukan," kata Sylvi. 

Menurut Sylvi, pelatihan ini menjadi modal atau bekal bagi pencari kerja untuk diterima di pasar kerja. Bahkan, dengan adanya bantuan perlengkapan dan alat dari Baznas Bazis DKI Jakarta usai pelatihan peserta bisa mandiri serta membuka peluang usaha yang dapat menekan tingkat pengangguran di Jakarta. 

"Dalam kondisi sekarang ini, apapun itu sepanjang itu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat ini luar biasa. Momentum ini harus diambil, sekarang apa saja selama untuk kepentingan bersama ini pas banget," ucap Sylvi. 

Sylvi juga bersedia menginformasikan dan mempromosikan tenaga-tenaga terampil lulusan Pelatihan Kolaborasi ini melalui akun media sosialnya agar banyak warga yang dapat menggunakan jasa mereka. 

"Saya akan sosialisasikan lewat Instagram dan Facebook saya, kalau Anda atau warga butuh bersih-bersih rumah atau servis AC bisa hubungi, ini lulusan hasil pelatihan dari PPKD di bawah Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi DKI Jakarta," tandas Sylvi.(p/ab)