Taliban Minta Negara-Negara Muslim untuk Akui Pemerintahannya di Afghanistan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Perdana Menteri Taliban pada Rabu (19/1) menyerukan negara-negara Muslim untuk menjadi yang pertama secara resmi mengakui pemerintah Afghanistan yang merebut kekuasaan pada Agustus.

"Saya menyerukan negara-negara Muslim untuk memimpin dan mengakui kami secara resmi. Kemudian saya berharap kami dapat berkembang dengan cepat," kata Mohammad Hassan Akhund pada konferensi di Kabul untuk mengatasi krisis ekonomi besar-besaran di negara itu.

Belum ada negara yang mengakui pemerintahan Taliban, dengan negara-negara Barat menyaksikan bagaimana kelompok Islam garis keras - yang terkenal karena pelanggaran hak asasi manusia selama masa kekuasaan pertama mereka antara tahun 1996 dan 2001 - akan memerintah kali ini.

Tetapi negara-negara menghadapi tugas sulit untuk menyalurkan bantuan ke ekonomi yang dilanda tanpa menopang rezim, dengan banyak anggota dari apa yang disebut Taliban sebagai pemerintah sementara mereka dalam daftar sanksi internasional.

"Kami tidak menginginkan bantuan siapa pun. Kami tidak menginginkannya untuk para pejabat," kata Akhund, merujuk pada pengakuan pemerintah.

"Kami menginginkannya untuk publik kami," katanya, seraya menambahkan bahwa Taliban telah memenuhi semua persyaratan yang diperlukan dengan memulihkan perdamaian dan keamanan. (AFP/dd)