Taliban Mulai Diskusi dengan Pejabat Negara Barat

By Nad

nusakini.com - Internasional - Anggota Taliban bertemu dengan pejabat barat di Norwegia untuk pembicaraan pertama di Eropa sejak kelompok itu menguasai Afghanistan.

Pembicaraan, yang direncanakan berlangsung selama tiga hari, akan mencakup hak asasi manusia dan krisis kemanusiaan di negara itu.

PBB mengatakan 95% orang Afghanistan tidak memiliki cukup makanan.

Sejumlah protes telah terjadi di Eropa dengan kritik yang mengklaim bahwa Taliban seharusnya tidak dihargai dengan pertemuan tersebut.

Pada hari Minggu (23/1), anggota Taliban bertemu dengan aktivis hak asasi manusia tetapi rincian diskusi tersebut belum terungkap.

Seorang aktivis feminis, Jamila Afghani, mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa para perunding menunjukkan "niat baik".

Senin (24/1) dikatakan sebagai hari paling signifikan pembicaraan dengan anggota Taliban bertemu pejabat barat. Kelompok itu akan meminta akses ke miliaran dolar yang dibekukan di bank-bank AS.

Afghanistan telah melihat pengangguran dan harga pangan melonjak, sementara nilai mata uangnya anjlok dan bank telah menetapkan batasan penarikan tunai.

PBB telah memperingatkan bahwa kelaparan mengancam 55% dari populasi.

"Kami meminta mereka untuk mencairkan aset Afghanistan dan tidak menghukum warga Afghanistan biasa karena wacana politik," kata delegasi Taliban Shafiullah Azam kepada kantor berita Associated Press.

"Karena kelaparan, karena musim dingin yang mematikan, saya pikir sudah waktunya bagi masyarakat internasional untuk mendukung warga Afghanistan, bukan menghukum mereka karena perselisihan politik mereka."

Utusan Barat diharapkan untuk menekankan pentingnya pemerintahan Taliban yang lebih inklusif dan hak asasi manusia.

Sejak mengambil alih kekuasaan, Taliban telah mengatakan kepada sebagian besar pekerja perempuan untuk tinggal di rumah sementara sekolah menengah hanya terbuka untuk anak laki-laki dan guru laki-laki. Sejumlah wanita telah menjadi sasaran karena berbicara menentang langkah tersebut. Beberapa sekarang dikatakan hilang dengan Taliban menyangkal keterlibatan mereka.

Aktivis hak asasi manusia dan jurnalis juga menjadi sasaran sejak Taliban berkuasa.

Saat ini, tidak ada negara yang mengakui pemerintah Afghanistan yang baru.

Menteri Luar Negeri Norwegia Anniken Huitfeldt mengatakan pertemuan itu "tidak mewakili legitimasi atau pengakuan terhadap Taliban".

"Tapi kita harus berbicara dengan otoritas de facto di negara ini," katanya.

Inisiatif ini telah memecah belah warga Afghanistan - beberapa menekankan pentingnya melibatkan Taliban; yang lain bersikeras bahwa Taliban tidak boleh diundang ke ibu kota Eropa sementara mereka secara sistematis melanggar hak asasi manusia di dalam negeri, lapor wartawan BBC Lyse Doucet.

Sejumlah protes telah terjadi di seluruh Eropa selama akhir pekan.

Di Oslo, seorang pengunjuk rasa mengatakan kepada kantor berita AFP bahwa diskusi itu setara dengan "menertawakan wajah" warga Afghanistan yang kehilangan anggota keluarga.

"Anda tidak berbicara dengan teroris," katanya.(bbc/dd)