Tebar Semangat Kreatifitas, Satrel Ganjarist Depok Gelar Pelatihan Merakit Lampu dari Limbah Lampu Bekas di STT Tri Bakti Indonesia

By Admin


nusakini.com - Jakarta - Menebar semangat kreatifitas dan menumbuhkan jiwa entrepreneurship, Satuan Relawan (Satrel) Ganjarist Depok menggelar kegiatan pelatihan merakit lampu dari limbah lampu bekas pada siswa dan pangajar di Sekolah Tinggi Teologia (STT) Tri Bakti Indonesia, Cilincing Jakarta Utara, Selasa (21/12/2021). 

Dengan mengangkat tema “UMKM & Ekraf Pelatihan Merakit Lampu dari Limbah Lampu Bekas”, kegiatan pelatihan ini diikuti sekitar 30 peserta dari kalangan pelajar dan pengajar STT Tri Bakti. 

Hadir pada kegiatan pelatihan Wakadiv UMKM dan Ekraf, Andre Salman mewakili Kornas Ganjarist, Sus Ellyn sebagai Pembina/ Penasehat Ganjar1st Depok, Ketua Ganjar1st Depok, Roland Anziano, Wakil ketua Ganjar1st Depok, Fredi, Cahyo (Transportasi), Christian (Mentor), Adam (Mentor), Bu Lilis (Logistik), Bu Syefrina (Logistik), Bu Lestari (Konsumsi) Bu Erika (Pelaksana kegiatan).

Diketahui, limbah lampu bekas, bisa merusak ekosistem lingkungan hidup, karena bahan material lampu tidak bisa lebur hancur dalam waktu sebentar.

Kegiatan ini juga bertujuan memberi motivasi kepada para siswa agar bisa menjadi pelaku bisnis yaitu UMKM dalam skala kecil sampai besar dalam hal memberdayakan lampu bekas.



“Dampak dari pandemi saat ini menyebabkan perekonomian usaha dan juga bisnis usaha banyak tutup, menyebabkan lapangan pekerjaan menjadi sulit, dengan adanya pelatihan ini diharapkan para siswa siswi ini dapat menumbuhkan perekonomian dari sisi UMKM dan menjadikan mereka kreatif untuk dapat mengembangkan diri mereka”, ujar Wakadiv UMKM dan Ekraf Kornas Ganjarist, Andre Salman. 

Ketua Ganjaris Depok Roland Anziano menambahkan dari pelatihan ini juga diharapkan siswa dapat membuat bisnis skala mikro kecil utk mendapatkan penghasilan sendiri.

Hal ini sesuai arahan Presiden RI Jokowi dan juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yaitu meningkatkan UMKM dan Ekonomi Kreatif di setiap daerah utk berjuang menjadi pelaku usaha bisnis UMKM.

“Kita relawan Ganjar1st disini membimbing dan mengarahkan kepada para peserta pelatihan untuk tetap optimis didalam kondisi ekonomi saat ini, agar dapat tetap bertahan, tetap semangat dan tetap Indonesia Satu.”, tutup ketua Satrel Ganjarist Depok. (*)