Teleskop James Webb Diluncurkan ke Ruang Angkasa

By Nad

nusakini.com - Internasional - Teleskop James Webb senilai $10 miliar (Rp 141 triliun) telah meninggalkan Bumi dalam misinya untuk menunjukkan bintang-bintang pertama yang menerangi Semesta.

Observatorium itu diangkat ke angkasa oleh roket Ariane dari pelabuhan antariksa Kourou di Guyana Prancis.

Penerbangannya ke orbit berlangsung kurang dari setengah jam, dengan sinyal yang mengkonfirmasi hasil yang berhasil ditangkap oleh antena darat di Malindi di Kenya.

Webb, dinamai dari salah satu arsitek pendaratan Apollo Moon, adalah penerus teleskop Hubble.

Insinyur yang bekerja dengan badan antariksa AS, Eropa, dan Kanada telah membangun observatorium baru menjadi 100 kali lebih kuat.

"Terangkat dari hutan hujan tropis ke tepi waktu itu sendiri, James Webb memulai perjalanan kembali ke kelahiran Semesta," kata komentator TV badan antariksa Amerika (Nasa) Rob Navias pada saat roket meninggalkan Bumi.

Peluncuran ini sangat ditunggu-tunggu tetapi juga disertai dengan banyak kecemasan. Ribuan orang di seluruh dunia telah mengerjakan proyek ini selama 30 tahun terakhir, dan meskipun Ariane adalah kendaraan yang sangat dapat diandalkan - tidak ada jaminan dalam hal roket.

Peluncuran Webb hanyalah awal dari rangkaian kegiatan awal yang kompleks selama enam bulan ke depan.

Teleskop sedang diletakkan di jalur ke stasiun pengamatan sekitar 1,5 juta km di luar Bumi.

Dalam perjalanan ke lokasi ini, Webb harus membongkar dirinya dari konfigurasi terlipat yang diadopsi saat peluncuran - seperti kupu-kupu yang muncul dari kepompongnya.

Ini tidak akan mudah, administrator Nasa, Bill Nelson mengakui: "Kita harus menyadari masih ada banyak hal yang harus bekerja dan mereka harus bekerja dengan sempurna. Tapi kita tahu bahwa imbalan besar, ada risiko besar. Dan itulah yang bisnis ini adalah semua tentang. Dan itulah mengapa kami berani mengeksplorasi."