Timnas Indonesia U-16 Ke Final Piala AFF 2022

By ommed


nusakini.com - Tangisan pelatih Bima Sakti mewarnai keberhasilan timnas Indonesia U-16 lolos ke final Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Myanmar 5-4 melalui drama adu penalti di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8) malam WIB.

Adu penalti harus dilakukan, karena kedua tim bermain imbang 1-1 sepanjang 90 menit. Keberhasilan melangkah ke final ini mengulang hasil 2018. Saat itu, Indonesia meraih gear juara dengan mengalahkan Thailand lewat adu penalti.

Iqbal Gwijangge dan kawan-kawan selanjutnya akan menghadapi Vietnam yang dalam pertandingan sore hari menaklukkan Thailand 2-0 lewat gol Nguyen Cong Phuong pada menit ke-29 dan Nguyen Trong Tuan (82).

Timnas U-16 mengawali pertandingan dengan baik, dan membuat Myanmar berada dalam tekanan. Kendati demikian, penyelesaian akhir yang terburu-buru membuat timnas U-16 gagal memaksimalkan peluang.

Sebaliknya, Myanmar jutru memberikan ancaman serius terlebih dulu ketika laga memasuki menit ke-15. Kiper Andhika Fathir harus melakukan penyelamatan untuk mementahkan peluang Kaung Htet.

Myanmar yang menerapkan skema bertahan sambil sesekali melakukan serangan balik, membuka keunggulan terlebih dulu menjelang babak pertama berakhir. Kesalahan Andhika dalam mengamankan bola dimanfaatkan Nay Min Htet untuk membawa Myanmar unggul 1-0 di paruh pertama.

Timnas U-16 yang tertinggal satu gol langsung tancap gas saat babak kedua dimulai. Serangan bertubi-tubi dilancarkan ke tembok belakang Myanmar yang tetap menerapkan taktik bertahan.

Upaya Indonesia menyamakan kedudukan akhirnya terwujud pada menit ke-70. Tendangan bebas Riski Afrisal meluncur ke pojok atas gawang tanpa bisa dijangkau kiper Sai Thi Ha Naing.

Kecolongan lewat skema bola mati membuat Myanmar makin memperkuat barisan pertahanan. Akibatnya, timnas U-16 mengalami kesulitan untuk menembus area kotak penalti lawan, meski bola lebih sering bergulir di area permainan Myanmar.

Walau begitu, timnas U-16 nyaris membalikkan keadaan pada menit ke-88. Sayangnya, tendangan salto Nabil Asyura menghajar mistar gawang, sehingga skor 1-1 memaksa pertandingan diselesaikan melalui adu penalti.

Dalam babak tos-tosan ini, lima eksekutor timnas U-16, Iqbal Gwijangge, Figo Dennis, Arkhan Kaka, Riski Afrisal, dan Nabil Asyura menjalankan tugasnya dengan baik. Sedangkan dari lima algojo Myanmar, sepakan Shine Wanna Aung berhasil diblok Andhika, sehingga timnas U-16 melangkah ke partai puncak. (gi/om)