Tiongkok & Brunei Darussalam Mundur, Shin Tae-Yong Malah Tak Senang

By ommed


nusakini.com - Timnas Indonesia U-23 sudah berada di Tajikistan untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, yang akan dimulai pengujung bulan ini. Indonesia hanya melawan Australia, karena tim lain dari Grup G kualifikasi telah mundur.

Brunei Darussalam dan Tiongkok menyatakan mundur dari kualifikasi dengan berbagai alasan, dan hal tersebut membuat Indonesia harus bisa mengalahkan Australia dan menjadi yang pertama, supaya lolos.

Hal ini membuat Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia U-23 tak senang. Menurutnya, situasi ini tidak ideal, karena Indonesia bisa saja mengintip posisi runner-up terbaik jika seandainya Grup G masih utuh.


"Situasi yang tidak ideal untuk kami karena mundurnya Brunei dan Tiongkok. Apalagi hanya posisi pertama saja di grup ini yang akan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2022," beber pelatih asal Korea Selatan itu.

Saat ini timnas Indonesia U-23 harus membiasakan diri dengan cuaca dingin Tajikistan. Sebelum memulai kualifikasi, Indonesia akan lebih dulu menghadapi Tajikistan U-23 pada laga uji coba, yang rencananya digelar 19 Oktober.

Tae-yong menuturkan anak asuhnya dalam kondisi bagus dan siap tempur. Cuaca yang dingin memang harus coba disiasati, dan Tae-yong sendiri yakin bahwa Witan Sulaeman dan kolega akan bisa mengatasi hal tersebut.


"Kondisi pemain baik, tapi karena kami habis melakukan perjalanan yang jauh jadi pasti pemain sedikit kelelahan. Hari (14/10) ini latihan pemulihan agar cepat menghilangkan kelelahan. Mulai hari Jumat kami sudah melakukan latihan seperti biasa," ucap Tae-yong.

"Saat ini suhu udara bagi kami belum terlalu dingin. Namun saat pertandingan nanti pasti lebih dingin. Pemain harus bisa melawan cuaca dingin," tutup mantan pelatih yang pernah menukangi timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Sebagai informasi, saat ini suhu udara di Tajikistan sekitar 13 hingga 16 derajat celsius. Bahkan kalau pagi, suhu sekitar 4-7 derajat, dan segenap anggota timnas Indonesia U-23 masih merasa kesulitan dengan cuaca tersebut ketika baru tiba. (gi/om)