TNI Panen Jagung di Kalsel

By Admin


nusakini.com - Gubernur Kalimantan Selatan Syabirin Noor memulai panen jagung di demplot milik TNI pada lahan tidur bekas perkebunan tebu Pleirahi, Kabupaten Tanah Laut, Kamis (31/3/2016). Panen yang juga diikuti oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono ini cukup menarik perhatian banyak masyarakat di sekitar lokasi panen.

Menurut Pangdam, sudah sejak beberapa tahun lahan di jalan Trans-Kalimantan yang sebelumnya ditanami tebu berubah menjadi hamparan tanaman jagung dan kelapa sawit. 

“TNI di Kalimantan membangun dempolot-demplot pengembangan tanaman pangan dengan memanfaatkan lahan tidur. Saat ini ada ribuan hectare lahan tidur di Kalimantan yang ditanami padi, jagung dan kedelai oleh TNI” kata Pangdam.

Di Kabupaten Tanah Laut, TNI telah membangun puluhan hectare demplot tanaman jagung dan kedelai. “TNI juga mendukung pencetakan sawah baru dan perbaikan irigasi”, ujarnya.

Menurut Direktur Serealia Ditjen Tanaman Pangan Kementan, Nandan Sunandar, dukungan TNI dalam upaya peningkatan produksi pangan sangat besar. “Berkat dukungan TNI produksi padi nasional meningkat hingga 6%, juga jangung dan kedelai”, kata Nandan. (mk)