nusakini.com - Setelah disambut Upacara Kenegaraan di Istana Rashtrapati Bhavan, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengunjungi Rajghat (Memorial of Mahatma Gandhi), Senin 12 Desember 2016.
Dalam siaran pers Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden, Bey Machmudin, disebutkan bahwa Presiden dan Ibu Iriana tiba di Rajghat pukul 10.30 Waktu Setempat (WS) dan disambut oleh Sekretaris Komite Rajghat Samadhi, Rajnish Kumar. Dengan berjalan kaki, Presiden dan Ibu Iriana menuju perabuan.
 
Tiba di depan perabuan, Presiden meletakkan karangan bunga dan mengheningkan cipta selama 1 (satu) menit. Selanjutnya Presiden dan Ibu Iriana berjalan mengelilingi perabuan, dan menaburkan bunga.
Sebelum meninggalkan Rajghat, Presiden mengisi buku tamu dan kenang-kenangan berupa patung, buku, dan salinan tulisan Mahatma Gandhi.
 
Torehan pesan Presiden di buku tamu itu berbunyi, "During the time of Gandhi our two nations were hand in hand the fight against colonialism. Today let us strengthen cooperation in the fight against poverty and contribute toward peace and stability to our region and beyond.”
 
Presiden Jokowi menandatangi torehan pesan tersebut di sebelah kiri bawah sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di sebelah kanan bawah torehan pesan tersebut. (pr/eg)