Toyota akan Rancang Kendaraan untuk Jelajahi Bulan

By Nad

nusakini.com - Internasional - Toyota bekerja sama dengan badan antariksa Jepang pada kendaraan untuk menjelajahi permukaan bulan, dengan ambisi untuk membantu orang-orang hidup di bulan pada tahun 2040 dan kemudian hidup di Mars, pejabat perusahaan mengatakan pada hari Jumat (28/1).

Kendaraan yang dikembangkan bersama Japan Aerospace Exploration Agency ini disebut Lunar Cruiser, yang namanya diambil dari nama SUV Toyota Land Cruiser. Peluncurannya ditetapkan untuk akhir 2020-an.

Kendaraan ini didasarkan pada gagasan bahwa orang makan, bekerja, tidur, dan berkomunikasi dengan orang lain dengan aman di dalam mobil, dan hal yang sama dapat dilakukan di luar angkasa, kata Takao Sato, yang mengepalai proyek Lunar Cruiser di Toyota Motor.

''Kami melihat ruang angkasa sebagai area untuk transformasi sekali dalam satu abad. Dengan pergi ke luar angkasa, kita mungkin dapat mengembangkan telekomunikasi dan teknologi lain yang terbukti berharga bagi kehidupan manusia,'' kata Sato kepada The Associated Press.

Gitai Japan, sebuah perusahaan yang dikontrak dengan Toyota, telah mengembangkan lengan robot untuk Lunar Cruiser, yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas seperti inspeksi dan pemeliharaan. ''Perlengkapan grapple''nya memungkinkan ujung lengan diubah sehingga dapat bekerja dengan berbagai alat, menyendok, mengangkat, dan menyapu.

Kepala Eksekutif Gitai Sho Nakanose mengatakan dia merasa tantangan untuk meluncur ke luar angkasa pada dasarnya telah terpenuhi tetapi bekerja di luar angkasa memerlukan biaya dan bahaya besar bagi astronot. Di situlah robot akan berguna, katanya.

Sejak didirikan pada 1930-an, Toyota resah akan kehilangan bisnis inti karena perubahan zaman. Perusahaan ini telah berkelana ke perumahan, kapal, jet dan robot. Tempat tinggal berkelanjutan yang terhubung dengan jaringan di dekat Gunung Fuji, yang disebut Woven City, akan dibuka akhir tahun ini.

Ketertarikan orang Jepang terhadap bulan telah berkembang.

Sebuah perusahaan swasta Jepang bernama ispace sedang mengerjakan penjelajah bulan, mendarat dan mengorbit, dan dijadwalkan untuk pendaratan di bulan akhir tahun ini. Pengusaha Yusaku Maezawa, yang baru-baru ini mengambil video dirinya melayang-layang di Stasiun Luar Angkasa Internasional, telah memesan orbit mengelilingi bulan di atas kapal luar angkasa CEO Tesla Elon Musk.

Insinyur Toyota Shinichiro Noda mengatakan dia bersemangat tentang proyek bulan, perpanjangan dari misi lama pembuat mobil untuk melayani pelanggan dan bulan dapat menyediakan sumber daya yang berharga bagi kehidupan di Bumi.

''Mengirim mobil kami ke bulan adalah misi kami,'' katanya. Toyota memiliki kendaraan hampir di mana-mana. ''Tapi ini tentang membawa mobil kami ke suatu tempat yang belum pernah kami kunjungi.'' (AP/dd)