Undang GM Hotel se-Qatar, KBRI Promosikan Kuliner Indonesia

By Abdi Satria


nusakini.com-Doha-Dalam rangka menjalankan fungsi diplomasi kebudayaan, KBRI Doha menggelar acara Malam Kuliner Indonesia (22/11/2021) di Doha. Acara yang digelar dengan mengundang para General Manager Hotel, wartawan, influencers dan Food Blogger yang ada di Qatar, dilakukan dalam rangka mempromosikan kuliner Indonesia di Qatar. Turut juga diundang para Duta Besar dari negara sahabat seperti Australia, Korea Selatan, Turki, Meksiko dan negara-negara ASEAN.

Kuliner Indonesia telah lama diakui dunia akan keunikan dan kekayaan rempah-rempahnya. Namun, untuk disajikan di kalangan atas, khususnya di Timur Tengah, kuliner Indonesia perlu mendapat ruang promosi yang lebih besar lagi. Ini juga yang diakui oleh para food blogger dan influencer di Qatar. “Masakan Indonesia sangat unik. Nasi kuning ini misalnya, bukan hanya kaya rasanya tapi juga kaya filosofinya,” kata Afshan Sayed, seorang influencer dan food blogger di Qatar. Menurutnya, bentuk penyajian nasi kuning yang mengarah ke atas adalah unik dan merupakan simbol rasa syukur kita kepada Tuhan.

Duta Besar Indonesia untuk Negara Qatar, Ridwan Hassan dalam sambutannya menyampaikan bahwa kekayaan kuliner Indonesia dapat menjadi jembatan dalam menghubungkan berbagai bangsa. “Tidak hanya itu diplomasi kuliner Indonesia juga diharapkan dapat membawa efek rembes secara ekonomi. Kita berharap dari acara ini ada satu atau dua kuliner Indonesia yang dapat menjadi menu tetap di hotel-hotel di Qatar,” Tutur Dubes Ridwan Hassan.

Pada bagian lain, Dubes Ridwan Ridwan Hassan juga mengapresiasi kehadiran dan kegigihan para chef Indonesia di Qatar dalam memperkenalkan dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia. “Mereka hakikatnya adalah Duta-Duta kita yang telah berkontribusi besar dalam memperkenalkan dan mempromosikan kuliner Indonesia di Qatar," Kata Dubes Ridwan.

Acara Malam Kuliner Indonesia didukung oleh delapan Chef Indonesia yang bekerja di Qatar. Mereka dipilih berdasarkan keahlian masing-masing. “Saya bangga menjadi bagian dari Tim ini,” kata Edo, salah satu chef yang bekerja bagi keluarga kerajaan di Qatar.

​Beberapa menu unggulan yang disajikan dalam acara tersebut adalah Es Dawet, Wedang Jahe, Gado-Gado, Soto Ayam Lamongan, Nasi Kuning, Rendang, Sate, Pempek dan Bika Ambon.

Acara Malam Kuliner Indonesia juga diisi dengan pagelaran tari yang dibawakan oleh group tari Puspa Qinarya dan musik angklung yang dibawakan oleh Indonesian Ladies Angklung. Kedua group tersebut beranggotakan para diaspora Indonesia di Qatar. Mereka selama ini juga turut aktif dalam memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat asing di Qatar. (rls)