nusakini.com - Honda BR-V kembali membukukan prestasi. Kali ini mobil dengan tampilan anggun tersebut meraih predikat lima bintang untuk tingkat keselamatan terbaik versi ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) yang diterima oleh Asian Honda Motor Co., Ltd di Japan Automobile Research Institute (JARI).

Dalam pengujian tersebut, Honda BR-V berhasil meraih nilai 14.79 dari 16.00 untuk Frontal Offset Crash Test untuk Adult Occupant Protection (AOP), dan 72 persen untuk Child Occupant Protection, sehingga berhak meraih lima bintang. 

Honda BR-V melakukan World Premiere pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu dan mulai didistribusikan ke konsumen di Indonesia pada tanggal 23 Januari 2016. Hingga akhir Maret 2016. Selama masa distribusi tersebut, Honda BR-V telah mencatat penjualan sebesar 18.291 unit di seluruh Indonesia. Selain di Indonesia, Honda BR-V juga telah diperkenalkan diThailand dan juga India. 

Honda BR-V merupakan model ketujuh Honda di kawasan Asia Tenggara yang berhasil meraih penghargaan lima bintang tingkat keselamatan terbaik versi ASEAN NCAP setelah New Honda City (model tahun 2012), Honda Civic, Honda CR-V, All New Honda City (model tahun 2014), All New Honda Jazz (model tahun 2014) serta Honda HR-V (tahun 2015). 

Honda BR-V dilengkapi dengan berbagai fitur serta teknologi dengan tingkat keselamatan terbaik di kelasnya, seperti G-CON + ACETM, Anti-lock Braking System (ABS) + Electronic Brake-Force Distribution (EBD), Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Pretensioner with Load Limiter Seatbelt,Seatbelt Reminder & Assistant Seatbelt Reminder, Dual Front SRS Airbags, ISOFIX & Tether. 

ASEAN NCAP merupakan bagian dari Global NCAP yang bertugas untuk menguji fitur serta teknologi keselatan berbagai mobil yang dijual khususnya di kawasan Asia Tenggara (ASEAN) sejak tahun 2011 lalu. 

Proses pengujian dilakukan bersama dengan Global NCAP, Malaysian Institute of Road Safety Research (MIROS), serta agensi dibawah Kementerian Transportasi Malaysia.(mk)