Uranium Indonesia Berpotensi Penuhi Kebutuhan Listrik 40 Tahun

By Admin

nusakini.comYogyakarta - Heri Syaiful, peneliti pusat teknologi bahan galian nuklir Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) mengungkapkan sumber daya Uranium mampu digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik selama 40 tahun ke depan melalui PLTN.

Menurut Heri, sumber Uranium di Indonesia hingga 2016 ini mencapai 77 ribu ton. Selain Uranium, Indonesia juga memiliki potensi sumber daya energi Thorium sebanyak 133 ribu ton.

Sebagai gambaran, 24 ton uranium bisa digunakan untuk 1.000 mega watt listrik. Potensi Uranium dan Thorium ini tersebar di Propinsi Bangka-Belitung, Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, Sibolga Sumatera Utara dan di Biak Papua. Uranium dan Thorium ini masih berbentuk batuan belum dimanfaatkan sama sekali.

"Itu hasil eksplorasi yang kita lakukan dan semuanya belum dimanfaatkan," ujar Heri disela-sela pertemuan International Atomic Energy Agency (IAEA) di Yogyakarta, Selasa (22/3/2016).

Pertemuan IAEA ini merupakan pertemuan negara-negara yang aktif mengeloka mineral radioaktif. Pertemuan  diikurti 10 negara yaitu Indonesia, Cina, Yordania, Malaysia, Mongolia, Pakistan, Filipina, Thailand, Vietnam dan Srilangka. Pertemuan akan berlangsung hingga 25 Maret mendatang. (ab)